Panduan Jadi Pemilik Akun Sosmed Yang Hits

Published by : Marti Posted on : Kamis, 26 Desember 2013

Panduan Jadi Pemilik Akun Sosmed Yang Hits

Sekarang ini siapa, sih, yang enggak eksis di sosial media? Mulai dari nyebarin informasi, foto terbaru, sampai ke keluhan pun suka dibagi lewat sosial media. Dan, kita pun umumnya punya lebih dari satu akun sosial media. Tentunya mau dong jadi pemilik akun sosmed yang eksis tapi isinya enggak melulu keluhan atau curhatan?

 

Meski sudah lama punya akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, belum tentu kita sudah memanfaatkan sosial media ini semaksimal mungkin untuk mendongkrak personal image kita. Yuk lakukan tips berikut agar kita makin eksis dan terkenal dengan imej positif di sosial media.

 

Gunakan Foto Positif

Foto merupakan hal pertama yang dilihat orang ketika membuka laman sosial media kita. Karena itu, sebaiknya kita memasang foto sendiri. Tentunya yang mencerminkan imej positif, girls. Enggak mau kan dicap sebagai si tukang bolos ketika kita upload foto sedang pakai baju seragam di mall di jam belajar? Meski mungkin kita punya alasan tertentu untuk melakukannya, belum tentu orang lain mengerti, girls.

 

Kalau kita enggak pede memasang foto sendiri, kita bisa memasang foto bareng teman-teman. Hal ini bisa menunjukkan kalau kita suka bersosialisasi dan ramah sehingga disenangi banyak orang. Foto kegiatan juga bisa digunakan sehingga kita bisa mendapat cap si cewek aktif, he-he-he.

 

Manfaatkan Kolom Bio

Di setiap sosial media selalu menyertakan kolom yang memungkinkan kita untuk mengisi biodata. Kolom ini bisa menjadi ajang narsis untuk memperlihatkan prestasi dan kegiatan kita selama ini, girls. Di profil Facebook, kita bisa menulis pendidikan kita se-update mungkin, prestasi yang telah diraih, hobi yang suka dilakukan, dan cita-cita. Jadi, orang yang melihat profil kita bisa mengenal hal dasar tentang kita, girls.

 

Kalau kolom profil terbatas seperti di Twitter, kita bisa mengisi hal penting aja, girls. Daripada menulis "penyuka hujan" atau "penikmat senja", kenapa enggak menulis "suka menulis cerpen dan bercita-cita jadi penulis" atau "aktif di LSM A, #stopbullying." Jadi, yang baru kenal kita bisa menebak personality kita seperti apa. Tapi, pastikan data yang sangat pribadi enggak ditulis di sini, ya, girls.

 

Berbagi Hal menyenangkan

Ketika baca timeline teman yang isinya keluhan, tanpa disadari kita ikut terbawa suasana dan jadi ikut-ikutan kesal. Nah, kebayang, kan, kalau teman juga akan merasakan hal yang sama kalau isi timeline Twitter atau Facebook kita keluhan terus? Kita bisa berbagi hal yang menyenangkan di sosial media, seperti aktivitas kita bareng teman-teman, buku yang sedang kit abaca, film yang baru aja ditonton, atau hal seru dan lucu yang baru aja kita alami.

 

Apa yang kita share di sosial media sudah masuk ke ruang publik, sehingga kita harus berhati-hati sebelum menekan tombol send. Pastikan apa yang akan kita share enggak menimbulkan efek negative nantinya. Selain itu, pastikan untuk selalu jadi diri sendiri dan membicarakan hal-hal yang benar-benar kita suka. Kalau misalnya timeline Twitter sibuk ngomongin satu kasus, dan kita enggak tertarik, enggak perlu ikut-ikutan ngomongin dan berupaya untuk terdengar ahli agar dibilang eksis.


Cari Teman Yang Menyenangkan

Agar bisa beraktivitas dengan aman di sosial media, jangan sembarangan menerima friend request, girls. Usahakan yang kita terima adalah yang dikenal sehingga enggak perlu khawatir akan mendapat komentar negatif yang bisa membuat kita down dari orang yang enggak dikenal.

 

Begitu juga di Instagram dan Twitter. Kita bisa follow akun yang sesuai dengan hobi, interest, dan isinya informatif. Setelahnya, kita bisa mengajaknya ngobrol, enggak hanya jadi follower pasif aja. Dijamin kita akan tambah update dan makin tahu banyak hal tentang yang kita suka.

 

Maintain A Relationship

Sosial media merupakan salah satu sarana yang memungkinkan kita untuk berhubungan dengan orang banyak. Karena itu, sebaiknya kita menjaga hubungan dengan teman atau follower. Caranya, pastikan kita update sosial media ini secara berkala dan membalas sapaan teman, even a simple hi. Jadi, teman akan suka mengunjungi sosial media kita dan ngobrol bareng karena enggak dicuekin.

 

(iif. Foto: cr-zone.net)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN