Orang Narsis Bisa Berubah Jadi Psikopat

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 17 Juni 2014

Orang Narsis Bisa Berubah Jadi Psikopat

Apa-apa yang berlebihan emang enggak baik, termasuk narsis. Meski kesannya enggak berbahaya, ternyata bisa berakibat fatal, lho. Bukan cuma buat penderitanya sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar si penderita. Soalnya orang yang narsismenya udah akut bisa berubah jadi orang psikopat.

 

(Baca juga: Panduan Agar Siap Menghadapi Teman Narsis)

 

"Seorang penderita narsisme bisa jadi psikopat karena dia tega berdusta tanpa ngerasa bersalah. Dia juga benar-benar percaya sama kebohongannya sendiri, bahkan siap mencelakakan siapa aja yang berusaha membongkar kebohongannya," ujar psikolog Lilly Setiono, M.Psi.

 

Serem juga ya?! Jadi kalau kita punya temen yang menderita narsisme apa dong yang bisa kita lakukan supaya dia nggak berubah jadi psikopat?

 

(Baca juga: Orang Narsis Lebih Mudah Stres)

 

"Wah, agak susah. Orang yang menderita narsisme umumnya nggak bisa dikritik. Kalau kita mengingatkan dia, kita malah dimarahin, dimusuhin, atau dianggap iri sama dia. Di luar negeri sana, psikolog yang dapat klien penderita narsisme malah suka menghindar. Capek ngurusinnya, bohong melulu. Hehehe... Tapi kalau emang masih bisa diomongin sih, pelan-pelan kasih tau aja kebenarannya. Bahwa kenyataan itu nggak seindah self-image atau citra diri yang dia pikirkan," tandasnya.

 

(ega/hai, foto: healthtap.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN