Old fashion etiquette

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 11 April 2013

Old fashion etiquette

Ingat enggak kalau ortu , Om, Tante, Nenek dan Kakek kita suka mengeluh kalau anak jaman sekarang enggak tahu aturan. Hi..hi..hi.. emang iya sih. Saking akrabnya kita sama ortu, jadi kita suka lupa sopan santun dan akhirnya kebawa hingga keluar rumah.  Ada beberapa kebiasaan lama yang harusnya tetap kita lakukan. Enggak susah kok.

 

Bilang 'tolong'

Sebenarnya sederhana sih. Tapi kita suka lupa. Apalagi kalau sama teman sendiri atau orang yang sudah akrab sama kita.  Dari pada bilang ' Eh, ambilin saos di sebelah sana dong?'  Akan lebih menyenangkan bilang ' Tolong, ambilin saos di sebelah sana dong." Kalau perlu, berhenti menggucapkan kata  'eh' pada awal kalimat kita. Serius, itu ngeselin banget dan kesannya enggak sopan.  

 

Bilang 'terima kasih'

Dibukakan pintu sama supir.  Pelayan meletakan kopi pesanan kita.  Dijemput Papa di sekolah. Bayangkan banyak sekali orang-orang yang membantu kita menjalani kegiatan sehari-hari. Saking sudah rutinnya, kita merasa itu kewajiban mereka.  Tapi jangan lupa, kita tetap harus bilang terima kasih sekecil apa pun tindakan itu. Termasuk sama sahabat yang sudah  membantu minjamkan bukunya sama kita, bilang terima kasih itu wajib.

 

If you have nothing nice to say..

Baca status teman di FB dan twitter, dengerin berita infotainment di televisi  membuat kita enggak tahan buat komentar.  Well, hati-hati saat berkomentar, girl.  Kalau enggak punya komentar yang baik dan menyenangkan, lebih baik enggak ngomong. Ini berlaku saat baca twitter. Kalau kita sering sebel baca status twitternya, ya sudah unfollow aja. Sebel sama berita-berita infotainment, ya sudah berhenti nonton yang seperti itu. Enggak perlu dikomentari. Keseringan mengomentari orang membuat kita jadi nyinyir. Iiih siapa juga yang mau berteman dengan orang nyinyir. Iya kan?

 

Table manner

Enggak perlu aturan yang ribet seperti pakai garpu, pisau yang mana. Aturan sederhana kok, seperti jangan ngomong saat lagi mengunyah. Makan jangan berdecap. Buka mulut enggak perlu lebar-lebar walau pun burgernya porsi  begitu besar. Biasakan juga menghabiskan makanan kita. Mending ambil dalam porsi kecil lalu nambah dari pada enggak habis.  Kalau kita tipe cewek berantakan, selalu bawa tissue. Begitu ada remah jatuh atau mulut belepotan bisa segera dirapihkan kembali.  Apa makan harus dengan sendok garpu? Tergantung makanannya. Dengan tangan pun kita tetap bisa rapi dan terlihat cantik.  Psstt... ada cowok diseberang yang ngeliatin kita terus tuh :-)

 

(muti, foto: loveleague)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN