Olahraga Penambah Tinggi Badan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 23 Mei 2013

Olahraga Penambah Tinggi Badan

Minder gara-gara merasa punya badan pendek? He-he. Meskipun ortu kita berbadan mungil, kata siapa kita enggak bisa tumbuh tinggi? Dan mumpung kita masih dalam usia pertumbuhan, kita masih bisa kok berusaha meninggi tinggi badan. Memang sih, anak perempuan biasanya mengalami masa emas percepatan pertumbuhan saat berusia 10 sampai 12 tahun. Sedangkan anak laki-laki kira-kira dua tahun berikutnya.

 

Tapi buat kita yang berumur lewat dari 12 tahun, enggak perlu berkecil hati. Pertumbuhan tinggi badan bisa terjadi sampai usia 16 tahun, kok. Dan beberapa diantara kita, masih bisa terus tumbuh sampai mencapai usia 25 tahun keatas.

 

Selain memperbaiki pola makan dan menjaga nutrisi yang masuk ke tubuh, dengan berolahraga kita  bisa meningkatkan tinggi badan. Tubuh yang aktif bergerak, apalagi saat berolahraga membuat hormon pertumbuhan bekerja lebih cepat.  Makanya jangan patah semangat, girls. Yuk coba berbagai olahraga penambah tinggi badan ini! Mumpung masih muda. He-he-he.

 

Basket

Ketika kita main basket, hampir semua  bagian tubuh dan otot bergerak aktif, khususnya pada bagian kaki. Soalnya, saat main basket, kita bakal sering melakukan gerakan melompat. Saat melompat, otot dan tulang kaki bekerja. Saat bekerja, otot dan tulang meregang dan memanjang sehingga badan jadi lebih tinggi.

 

Berenang

Menurut Dr. Cooper, berenang melibatkan seluruh otot utama dari tubuh. Seluruh tubuh yang bergerak pada saat berenang akan menarik otot dan tulang, terutama tulang kaki dan punggung yang bikin tubuh lebih tinggi. Selain punya kemungkinan cedera kecil, berenang juga memberikan hasil keseluruhan yang lebih baik dibandingkan dengan banyak olahraga lain.

 

Lompat tali

Sama seperti main basket, lompat tali juga melibatkan otot dan tulang kaki. Biar lebih seru, kita bisa berolahraga sambil mendengarkan musik yang beat-nya menghentak. Lakukan sebanyak 300 kali setiap hari.

Permainan bola voli

Bermain voli setiap 45 menit secara regular setiap hari bisa bikin kita lebih kuat dan sehat. Dengan ermain voli, kita membakar 585 kalori tubuh dan menurunkan berat badan. Bermain voli meningkatkan kekuatan dan perkembangan tubuh bagian atas kayak lengan dan pundak, dan otot-otot bagian bawah seperti paha dan kaki bagian bawah.  Makanya kita jadi lebih tinggi.

 

Bersepeda

Bersepeda kalau rutin dilakukan pagi ata sore selam 10 sampai 15 menit bisa menambah tinggi badan. Gerakan mengayuh dapat memanjangkan tulang dan menguatkan otot kaki. Saat mengayuhj, jari kaki terus mencapai pedal, saat itulah otot dan tulang mengalami peregangan yang memungkinkan kita tambah tinggi.

 

 

(dea, foto: nj.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN