Nyari Duit Sambil Sekolah? BISA!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 13 Desember 2012

Nyari Duit Sambil Sekolah? BISA!

Girls, siapa yang punya hobi bikin aksesori atau kue? Ehm, daripada disimpen di mending coba untuk dijual. Selain bisa nekunin hobi, bisa sambil cari duit juga! Kenapa? Malu! Duh  enggak jaman lagi deh malu-malu. Di era social media ini justru udah hal biasa untuk kita maksimalin kreativitas kita untuk mendapatkan pundi-pundi uang tambahan. Mau tahu gimana caranya?

 

Pamer

Pertama-tama pamerin ke teman-teman di sekolah. Tanya pendapat mereka. Jangan hanya teman dekat kita, Karena mereka pasti baisanya hanya memberikan pendapat yang menyenangkan hati kita saja. Tapi coba tanya adk atau kakak kelas, kalau perlu ke guru juga. Misalkan usaha yang mau kita jalanin adalah kue dan keik, kita harus bisa kasih free sample ke mereka. Kalau usaha yang mau dijalanin adalah bisnis sepatu atau aksesori coba dong di pakai ke sekolah.

 

Pamer via social media

Setelah mendapatkan kritik dan pujian dari orang terdekat, saatnya kita memperkenalkan produk kita ke pasar. Kita bisa mulai melalui akun social media kita, seperti Twitter atau BBM. Dari sini kita lihat respon orang yang melihat produk kita. Di tahap ini kita bisa lihat seberapa antusiasnya pasar dengan produk kita dan harga yang kita berikan.

 

Maksimalin social media

Setelah kita memiliki pesanan rutin saatnya kamu bikin produk kamu memiliki brand-nya sendiri. Bikin aja akun khusus produk kita di Twitter atau facebook. Kayak @iwearUP nya Diana Rikasari dengan produk sepatunya. Atau bisa juga buat grup BBM khusus untuk foto-foto produk kamu.

 

Bazaar dan event

Saat sekolah mengadakan acara sosial yang menyediakan booth-booth untuk berjualan, beranikan diri untuk menyewa satu tempat untuk produk kamu. Misalkan hasil penjualan produk kita enggak sesuai harapan yang pasti kita udah bisa memperkenalkan secara langsung produk kita ke orang-orang yang datang.

 

Masukin Media

Punya majalah favorit? Kenapa enggak coba kirimkan produk kita ke majalah atau media tersebut. Kirimkan produk kita dengan surat yang berisi tujuan kita mengirimkan produk tersebut dan jangan lupa data diri/produk kita dengan lengkap. Kayak harga, nama produk, dan alamat atau kontak yang bisa dihubungi. Mana tahu produk kita bisa mejeng  di majalah.

 

So, gimana? Jad semangat kan untuk bikin usaha. Pokoknya udah enggak ada lagi deh ngerasa malu untuk membuat usaha kalian, saatnya kita yang muda yang usaha. Oke, Selamat menikmati usaha yang kalian rintis ya girls! Mana tahu bisa se sukses Mary-Kate dan Ashley Olsen.

 

(gita, foto: flickr.com/Brtitish_Council_Indonesia / midlandsbusinessnews.co.uk)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN