No More Craving For Food At Night

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 14 Februari 2013

No More Craving For Food At Night

Rasa pengin ngemil di malam hari memang susah banget dihilangkan. Meski sebenarnya enggak lapar, biasanya kita suka pengin mengunyah atau makan sesuatu. Padahal ngemil di malam hari ini bisa banget bikin gemuk dan perut buncit karena langsung tidur setelah makan. Biar enggak terus-terusan ngemil di malam hari, contek tips-nya yuk!

 

Sarapan

Sarapan itu penting karena jadi dasar asupan energi kita seharian. Denga sarapan, kita cenderung enggak akan terlalu banyak makan saat makan siang atau malam. Dengan sarapan lalu makan siang dan malam dengan jeda lima jam, bisa mengurangi rasa lapar dan pengin ngemil di malam hari soalnya kadar gula darah kita lebih stabil.  

 

Makan malam lebih malam

Awalnya enggak mau makan malam, karena takut jadi gemuk tapi malah bikin kita kelaparan dan akhirnya ngemil lebih malam. Dari pada begitu, enggak ada salahnya memundurkan jam makan malam, asal enggak lebih dari jam 8 malam. Dengan catatan, kita enggak punya penyakit maag ya girls.

 

Makan malam kaya serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat saat makan malam, bisa menstabilkan gula darah, dan menjaga perut tetap kenyang. Konsumsi serat seperti sayuran hijau, gandum atau kacang-kacangan. Saat makan malam awali dengan sup sayuran hangat atau salad.

 

Rencanakan ngemil

Ngemil boleh saja, asal enggak berlebihan dan diatur waktunya. Yang penting atur kuantitas dan jamnya. Misalnya, dua kali. Saat jeda dari sarapan ke makan siang, dan makan siang ke makan malam. Ini akan menjauhkan kita dari rasa kelaparan saat malam hari.

 

Pilih camilan sehat

Penting juga memilih jenis camilan yang kita makan. Pilih camilan berprotein tinggi sehingga akan mengurangi keinginan buat mengemil yang manis-manis atau berkarbohidrat tinggi. Atau pilih pisang karena karbohidrat dalam pisang adalah karbohidrat spontan yang langsung diubah jadi energi. Serat dalam pisang juga akan melapisi dinding lambung sehingga menutupi rasa lapar.


Alihkan pikiran

Cara paling mudah menghentikan keinginan ngemil di malam hari adalah mengalihkan pikiran dengan melakukan aktifitas yang membuat otak kita berpikir. Misalnya  mambaca, belajar, menggambar, main games atau teka-teki silang dan lainnya. Atau langsung tidur bisa jadi pilihan terbaik. Makin malam waktu kita tidur, keinginan buat ngemil akan makin mungkin muncul.

 

(aisha, foto: esseredonnaonline.it)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN