Nasehat Orangtua Yang Sangat Berguna Untuk Kita

Published by : Marti Posted on : Minggu, 11 Mei 2014

Nasehat Orangtua Yang Sangat Berguna Untuk Kita

Orangtua kita memang sering menasehati kita dalam hal apapun. Mereka memberikannya pada banyak hal untuk bekal hidup kita. Walau kadang kita merasa kesal sering dinasehati, ternyata perkataan mereka banyak berpengaruh saat kita membutuhkannya. Beberapa cewek mengaku kepada Onyit, nasehat terbaik orangtua dan apa pengaruhnya bagi mereka.

 

Perlakukan Orang Lain Seperti Memperlakukan Diri Sendiri

Beberapa cewek yang ditanya soal nasehat orangtua mengaku hal yang sama. Orangtua mereka menasehati seperti ini. Karena nasehat ini kita akan terbantu bersikap dan memperlakukan orang dengan baik. Nasehat ini juga terbukti mengurangi resiko bullying. Karena cewek yang sering ingat perkataan orangtua mereka soal memperlakukan orang lain, mereka mencoba memposisikan dirinya saat di bullying. Semarah atau sefrustasi apapun kita terhadap orang lain, kita tetap berusaha menyelesaikannya dengan baik.

 

Berhenti Merasa Bersalah

Banyak hal yang membuat kita merasa bersalah, padahal belum tentu benar. Karena pola pikir seperti ini banyak remaja terjebak dan merasa depresi pada kehidupannya. Sebaiknya berhenti menyalahkan diri sendiri. Kalau memang kita melakukan kesalahan, minta maaf dan move on. Jadi diri yang lebih baik dan ubah segala sikap buruk. Hidup enggak pernah berjalan semulus jalan tol girls. Dan kita harus bisa bersikap dewasa menerima segala kekurangan dan masalah dalam hidup kita. Jangan bersikap sebagai korban satu-satunya di dunia ini.

 

Hargai Semua Pemberian Walau Enggak Suka

Enggak semua orangtua, sahabat atau pacar punya materi cukup untuk memberikan apa yang kita mau. Kalau orangtua kita belum mampu membelikan hp atau laptop keren tapi membelikan tipe lain, hargai. Walau enggak menyukainya coba berusaha menerimanya dan ucapkan terima kasih. Bayangkan seseorang yang memberikan kita hadiah, dia rela mengumpulkan uang dan waktu buat kita. Berarti bagi dia kita adalah seseorang yang spesial.

 

Menyapa

Sejak kecil orangtua kita mengajarkan menyapa dan menghormati orang lain. Apabila mengunjungi atau dikunjungi orang lain, kita melakukan ritual cium tangan atau menyapa dan berkenalan. Semakin besar, kita merasa malas saat melakukan hal ini. Kalau ada yang datang, buru-buru masuk kamar dan bersikap cuek. Padahal girls, ini sikap enggak sopan banget di mata tamu keluarga kita! Orangtua kita pasti pengin membanggakan anaknya di hadapan orang lain. Coba deh, kalau ada tamu dengarkan baik-baik dari jauh apa yang mereka katakan soal kita. Pasti orangtua kita akan memceritakan kehebatan anaknya. Seperti kecantikan, prestasi kita di sekolah, hobi dan jauh banget dari cerita negatif.

 

Jangan Bersikap Jahat

Saat bermain dengan sahabat kita semasa kecil, Mama kita pasti sering menasehati kalau kita melakukan hal jahat ke sahabat kita. Mereka juga mengajarkan kita minta maaf dan bermain dengan menyenangkan. Nasehat ini terus ada dalam pikiran kita. Walau terkadang kita malas mengingatnya dan memperlakukan orang lain dengan buruk. Siapa sih yang mau ada diposisi diperlakukan jahat? Ayo coba berpikir positif dan terbuka. Kita akan menikmati hidup lebih baik dari apapun yang ada di dunia ini.


Jangan Bicara Dengan Orang Asing

Klise banget saat mendengar nasehat ini. Tapi sayangnya, kita paling sering mengacuhkannya. Orangtua mengajarkan hal ini sejak kecil, supaya kita bisa menjaga diri dengan baik saat di luar pengawasan mereka. Orang asing termasuk seseorang yang baru saja kita temui di jalan, sahabat baru di dunia maya, atau orang dewasa yang enggak sengaja berkenalan dengan kita. Walau kita enggak curiga dan merasa ada yang aneh dengan hal ini, belum tentu kita aman dari masalah. Yang paling dikhawatirkan adalah kalau kita menjadi korban pelecehan seksual. Masih ingatkan banyak kasus remaja yang diculik dan diperkosa oleh teman yang ditemuinya di dunia maya?

 

 

(stefanie, foto: tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN