Modus Kejahatan Yang Harus Diwaspadai Saat Menyetir Sendiri (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 24 November 2014

Modus Kejahatan Yang Harus Diwaspadai Saat Menyetir Sendiri (Bagian 1)

Girls, tetap hati-hati saat mengendarai mobil atau motor. Ada beberapa modus kejahatan saat kita menyetir sendiri. Dan, biasanya pelaku mengincar cewek dan remaja yang berkendara sendiri, lho!

 

(Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Pertama Kali Menyetir)

 

Makin terang-terangan

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto soal modus kejahatan saat berkendara sendiri. Dulu, modus curanmor atau bentuk kriminal lain saat berkendara dilakukan diam-diam dengan mematahkan kunci stang motor atau kunci stir mobil yang terparkir. Tapi sekarang, pelaku melancarkan aksinya terang-terangan.

 

"Seiring dengan baiknya sistem parkiran dan kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk memarkirkan kendaraan dengan benar, pelaku-pelaku makin sulit mengambil kendaraan bermotor. Mereka beralih dengan cara merampok kendaraan itu," ucap Rikwanto.

 

(Baca juga: Kenapa Kita Enggak Boleh Menyetir Sebelum 17 Tahun)

 

Sasaran empuk

Apa: Umumnya menyasar mobil dengan barang-barang berharga dan mengincar motor baik dengan barang berharga maupun fisik motornya.

Siapa: Masyarakat umum, biasanya cewek dan remaja yang terlihat berkendara sendiri.

Di mana: Di mana saja, biasanya di tempat gelap dan sepi.

Kapan: Umum terjadi pada malam hari.

 

 

(Baca juga: Cool Smartphone Apps for New Driver)

 

Modus kejahatan

Ban kempis

Modus: Pelaku terdiri dari tiga sampai empat orang. Tiap-tiap orang berpura-pura menjadi pengendara motor yang memberitahu korban incaran bahwa ban mobil kempis atau bagian belakang bawah mobilnya berasap. Agar korban percaya, para pelaku secara bergiliran akan memberitahu sehingga lambat laun korban pun penasaran dan meminggirkan mobilnya. Saat mobil berhenti dan korban mengecek mobilnya, di situ pelaku melancarkan aksi untuk mengambil sejumlah barang berharga dalam kendaraan.

 

Tips: Jangan lekas percaya ketika ada orang yang mengatakan ban mobil kempis. Kalau merasa memang ada yang enggak beres dengan mobil dan ingin memastikan, lebih baik mencari tempat berhenti yang terang dan ramai lalu-lalang. Saat berhenti, matikan mesin dan kunci mobil.

 

(Baca juga: Modus Kejahatan Yang Harus Diwaspadai Saat Menyetir Sendiri Bagian 2)

 

(nana, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN