Mitos dan Fakta Menstruasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 28 November 2012

Mitos dan Fakta Menstruasi

Menstruasi sering bikin kita malas beraktifitas karena merasa badan kita lemah dan bad mood. Belum lagi banyak cerita seputar menstruasi yang bikin kita seram sendiri dan  membawa sugesti negatif. Supaya enggak seperti itu, sebagai cewek, kita wajib banget paham mitos dan fakta tentang menstruasi.  Jadi, cari tahu yuk!

Mitos: Enggak boleh berenang saat menstruasi.
Fakta: Dari sisi kesehatan enggak ada larangan, karena enggak akan mengganggu kelancaran menstruasi. Yang penting kita harus memakai pembalut yang bersih atau tampon saat berenang. Saat ada di dalam air, darah mentruasi juga cenderung enggak keluar banyak karena adanya tekanan air, tapi itu enggak masalah. Karena saat di darat aliran darahnya akan normal kembali.

Mitos: Kandungan nutrisi dalam makanan enggak memengaruhi menstruasi.
Fakta : Cuma badan yang sehat yang bisa menerima perubahan hormon tubuh dengan baik. Jadi jaga terus tubuh dengan mendjaga asupan karbohidrat, lemak, mineral dan protein dengan seimbang. Jadi menstruasi kita tetap lancar dan rutin tiap bulan. Jangan lupa banyak makan makanan yang mengandung zat besi juga.

Mitos: Menstruasi pasti berlangsung seminggu (7 hari).
Fact: Enggak semua cewek mengalami menstruasi selama seminggu. Periode menstruasi bisa berlangsung antara 3-10 hari. Bahkan seorang cewek bisa mengalami lama atau periode menstruasi yang berbeda-beda.

Mitos: Mestruasi muncul setelah jeda 28 hari.
Fakta: Punya menstruasi yang terjadwal pasti bukanlah sesuatu yang penting atau harus. Enggak semua cewek punya jadwal atau jarak waktu yang pasti sama tiap kali menstruasi dan itu adalah hal yang wajar.

Mitos: Kita kehilangan banyak darah saat menstruasi.
Fakta: No you don't! Itu hanya kelihatannya saja kok girls. Sebenarnya selama menstruasi rata-rata kita hanya kehilangan enam hingga delapan sendok darah. Tapi enggak ada salahnya juga kita bnayak mengkonsumsi zat besi selama menstruasi agar terhindar dari anemia, karena cewek Asia cendrung mengeluarkan darah lebih banyak.

Mitos: Enggak menstruasi dalam sebulan berarti hamil.
Fakta: Kita enggak akan pernah hamil kalau kita enggak melakukan hubungan seksual dengan cowok. Ini bisa disebabkan karena hormon yang enggak stabil, stress atau sakit. Kita bisa enggak dapat menstruasi dalam waktu satu bulan atapun dapat lebih dari satu kali dalam sebulan.

(aisha, foto: blogaites.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN