Minuman Bersoda Bikin Menstruasi Lancar?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 1 Mei 2014

Minuman Bersoda Bikin Menstruasi Lancar?

Minuman bersoda bikin menstruasi jadi lancar? Malah bisa mengurangi nyeri? Benarkah begitu? 

 

Menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB (pakar gastroenterologi dari Universitas Indonesia), anggapan bahwa minuman bersoda bisa membuat menstruasi lancar hanya mitos. Ketika cewek yang sedang menstruasi mengonsumsi minuman bersoda, minuman itu tidak akan langsung berpengaruh atau berefek secara sistemik dalam tubuh keseluruhan. Termasuk berefek pada perempuan yang sedang menstruasi. 

 

"CO2 (karbon dioksida) atau yang merupakan bahan yang aman digunakan pada produk minuman, itu tidak akan diserap oleh lambung. Tidak ada proses penyerapannya. Jadi, jika dihubungkan dengan faktor sistemik, pasti tidak ada pengaruhnya. Sehingga saya bisa bilang, itu hanya mitos saja," tutur Ari.

 

Merangsang buang air kecil dan besar

Namun, lanjut Ari, jika minuman berkarbonasi tadi dalam kandungannya juga mengandung kafein, bisa merangsang seseorang untuk buang air kecil.

 

 "Tetapi, kalau pun di dalam kandungan minuman berkarbonasi itu tidak mengandung kafein, kalau dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu tertentu, ya, akan merangsang seseorang untuk kencing (buang air kecil) juga," imbuh Ari.

 

Lebih lanjut Ari mengatakan, minuman berkarbonasi ini juga bisa merangsang seseorang ingin buang air besar bagi yang mengonsumsinya.

 

"Jadi setelah orang itu mengonsumsi minuman berkarbonasi, ususnya akan mengalami peningkatan jumlah gas yang bisa merangsang usus bergerak lebih cepat. Nah, bagi seseorang yang susah buang air besar, mengonsumsi minuman berkarbonasi bisa membuat dia jadi lancar buang air besarnya, termasuk kentut-kentut."

 

(intan/tabloidnova.com, foto: dailymail.co.uk

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN