Menurut Penelitian, Film horor Bisa Membuat Darah Membeku

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 17 Februari 2016

Menurut penelitian, sesuatu yang menakutkan bisa membekukan darah kita. (foto: dailymail.co.uk)

Menurut sebuah penelitian, film horor bisa membuat darah kita membeku. Para peneliti dari Leiden University Medical Center melibatkan 24 partisipan sehat berusia di bawah 30 tahun untuk membuktikan penelitian tersebut. Mereka diminta untuk menonton film horor berdurasi 90 menit. Lalu, apa hasilnya?

 

(Baca juga: 20 Poster Film Horor Asia yang Paling Menyeramkan)

 

Grup pertama yang berisi 14 orang diminta untuk menonton film Insidious terlebih dahulu, lalu setelah itu menonton film dokumenter berjudul A Year in Champagne. Sedangkan partisipan sisanya diminta menonton film yang sama namun dengan urutan kebalikannya. Dokumenter dulu, baru film horor.

 

Rasa takut dan perubahan darah

 

rasa takut
Menurut penelitian, sesuatu yang menakutkan bisa membekukan darah kita.

Selama studi tersebut, para peneliti mengambil sampel darah partisipan lima belas menit sebelum dan sesudah menonton film. Mereka menemukan Factor VIII pada darah partisipan meningkat 57% sewaktu menonton film horor dan turun kembali 86% ketika menyaksikan film dokumenter.

 

“Mekanisme biologis yang mendasari ketakutan berhubungan dengan peningkatan aktivitas pembekuan darah masih belum terbongkar," ujar Banne Nemeth, penulis studi ini. Meskipun begitu, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal British Medical ini menunjukkan bahwa setelah berabad-abad terbukti jika sesuatu yang menakutkan bisa membekukan darah kita. Wow! (gita/intisari-online.com)

 

(Baca juga: 10 Poster Film Horor Klasik Hollywood yang Paling Menyeramkan)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN