Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama

Published by : Marti Posted on : Jumat, 13 Juni 2014

Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama

Sedang menunggu masa menstruasi atau haid pertama? Kenali yuk tanda menstruasi pertama kita! Untuk yang merasa khawatir atau memiliki banyak pertanyaan soal menstruasi, jangan terlalu khawatir. Cek ulasan mengenali tanda saat menstruasi pertama kita datang.

 

Usia berapa kita bisa mendapatkan haid?

Menstruasi pertama pada setiap cewek sangat berbeda. Ada yang mendapatkannya di usia 8 tahun, ada juga yang baru mendapatkannya di usia 17 tahun. Umumnya, cewek mendapatkan haid pertama mereka saat berusia 12 atau 13 tahun. Usia lebih muda atau kalau kita terlambat mendapatkan haid bukan berarti kita enggak normal. Jadi enggak perlu kecil hati kalau belum ada tanda-tanda haid pertama kita.

 

Apa Haid Pertama Kita Akan Sama Saat Ibu Kita Mendapatkannya?

Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya hubungan genetik yang dapat mempengaruhi haid pertama mereka. Kalau ibu kita mendapatkannya di usia 15 tahun, kemungkinan kita akan mendapatkannya enggak jauh dari usia itu.

 

Bagaimana Kita Tahu Saat Haid Pertama Datang?

Tanda haid pertama bisa kita kenali dengan mudah. Pertama, payudara kita mulai tumbuh. Dan bulu pada bagian kemaluan dan ketiak kita juga muncul. Beberapa hari sebelum haid bisa diikuti dengan keluarnya cairan keputihan bening atau flek coklat dari miss v kita. Dan ini masih normal. Saat terjadi haid biasanya payudara kita lebih sensitif dan sakit bila terbentur. Kita juga mengalami kram dan tubuh kita pegal-pegal.


Berapa Lama Haid Pertama Berakhir?

Sama seperti waktu kapan haid pertama datang, masa haid tiap cewek berbeda-beda. Ada yang hanya melaluinya 3 hari, tapi ada juga yang mengalami haid selama 7 atau 8 hari.


Apa Yang Terjadi Kalau Kita Enggak Pernah Haid?

Bila kita enggak mendapatkan haid pada usia 18 tahun, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan besar kita mengalami amenore primer, atau adanya gangguan pada rahim kita. Masalah ini bisa dideteksi secara medis dan harus menjalani terapi kesehatan supaya enggak menjadi fatal dan berbahaya.

 

Apa Mungkin Haid Bulan Berikutnya Enggak Terjadi?

Saat kita enggak mendapatkan haid secara normal atau siklus haid kita terganggu, bukan berarti enggak normal. Haid juga bisa mengalami masalah saat tubuh kita terganggu akibat stress. Bila kita mengalami atau siklus haid kita terlalu lama, periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

(stefanie, foto: womenshealth.northwestern.edu)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN