Mengenal Bulimia dan Bahayanya Buat Cewek

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 8 Oktober 2014

Mengenal Bulimia dan Bahayanya Buat Cewek

Gara-gara pengen punya badan bagus kayak model, banyak cewek yang terobsesi sampai rela ngelakuin segala cara buat kurus dan cantik kayak model. Bahkan banyak diantara cewek-cewek itu mengidam eating disorder semacam bulimia atau anorexia. Sebelum kita bertindak lebih jauh untuk menguruskan badan coba cari tahu dulu mengenai bulimia dan bahayanya buat tubuh kita. So, love yourself for whatever you are, girls!

 

(Baca juga : Eating Disorder Dialami 38 Orang Indonesia)


Apa itu bulimia?

Bulimia adalah kondisi seseorang yang punya perilaku abnormal terhadap makanan. Biasanya ditandai dengan memuntahkan makanan sesaat setelah makan. Bulimia timbul karena pikiran yang negatif terhadap bentuk tubuh dan obsesi untuk kurus.

 

bulimia

 

Purging bulimia

Secara teratur selalu memuntahkan makanan sesaat setelah makan apa pun. Cewek yang mengidam bulimia enggak hanya memuntahkan main course-nya, tapi juga dessert, snack, dan apapun yang ia makan untuk mengurangi berat badan.

 

(Baca juga : Mengenal Eating Disorder)


Non-purging bulimiam

Non-purging bulimia adalah cara menurunkan berat badang dengan berolahraga yang berlebihan. Apa lagi setelah makan, cewek yang mengidam bulimia jenis ini pasti langsung berusaha mengurangi kelebihan kalorinya dengan segala cara.

 

bulimia 2


Bulimia genetik

Bulimia termasuk kedalam jenis gangguan mental, gangguan ini timbul dari adanya pandangan negatif terhadap bentuk tubuh sendiri dan depresi. Seperti kebanyakan gangguan mental lain, bulimia juga berpotensi dari keturunan atau genetik

 

(Baca juga : Lady Gaga Melawan Bulimia)

 

Konsultasi ke Psikolog

Jika kita mengalami bulimia, hal paling tepat untuk menyembuhkannya adalah dengan berkonsultasi dengan psikolog. Karena bulimia termasuk gannguan mental yang disebabkan oleh pikiran negatif dan depresi. Cara penyembuhannya bisa dengan terapi secara rutin.

 

(razan, foto : giphy.com, weheartit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN