Mengenal Anorexia dan Bahayanya Buat Cewek

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 16 November 2014

Mengenal Anorexia dan Bahayanya Buat Cewek

Sebagai seorang cewek pasti selalu ada di pikiran kita buat punya badan yang perfect kayak model-model di majalah, tinggi dan kurus. Bahkan banyak cewek yang rela ngelakuin apa saja buat dapetin bentuk tubuh kurus. Dari mulai diet berlebihan, olahraga terlalu keras sampai akhirnya mengalami yang namanya eating disorder. Ada dua jenis eating disorder yang sering dialamin cewek, yaitu bulimia dan anorexia. Dan yang paling menyeramkan adalah anorexia, karena kalau enggak cepat ditanganin bisa menyebabkan kematian, serem kan? Sebenarnya apa sih penyakit anorexia ini? Baca ulasan ini supaya kita bisa berpikir dua kali kalau mau punya badan sekurus model-model.

 

(Baca juga : Mengenal Eating Disorder)

 

Apa itu anorexia?

Anoreksia adalah gangguan makan yang menyebabkan seseorang terobsesi sama berat badan dan kebiasaan makan mereka. Ini adalah gangguan mental yang bisa menyebabkan diet terlalu berlebihan, kelaparan, dan olahraga terlalu berat. Tujuan orang-orang yang punya penyakir anorexia ini cuma satu yaitu bisa punya badan kurus, sekurus-kurusnya.

 

Gejala Fisik

Gejala fisik orang yang tekena anorexia cukup mudah buat dikenali, antara lain gampang kelelahan, sering tiba-tiba pusing atau pingsan, dehidrasi, sampai enggak lagi menstruasi. Tapi ada juga beberapa gejala anorexia yang agak sulit dikenali kalau bukan kita sendiri yang mengalaminya, yaitu rambut menipis, jumlah darah yang abnormal, insomnia, tekanan darah rendah, kulit kering dan sering sembelit.

 

anorexia1

 

Gejala Emosional

Karena termasuk kedalam jenis penyakit mental maka ada beberapa gejala mental atau emosional yang ada di orang yang mengidam anorexia, yaitu sering melewatkan jam makan, enggak mau makan pas ditawarkan, memiliki jadwal diet yang sangat ketat, enggak mau makan di depan umum, punya obsesi dengan makanan, berolahraga terlalu keras, dan sering mengeluh tentang bentuk tubuh yang jadi gemuk.

 

(Baca juga : Eating Disorder Dialami 38% Orang Indonesia)

 

Penyebab Anorexia

Penyebab anorexia setiap orang beda-beda. Ada yang murni karena psikologisnya yang mengalami depresi atau tekanan dari lingkungan. Bisa juga karena faktor persepsi orang-orang dan media tentang bentuk tubuh cewek yang ideal itu kurus dan tinggi. Makanya ada orang yang rela ngelakuin diet berlebihan buat dapetin pengakuan kalau dia punya tubuh yang kurus.

 

anorexia2

 

Dukung dan Jangan Ditinggalkan

Kalau teman kita ada yang punya gejala anorexia kayak yang disebutkan diatas maka yang harus kita lakukan adalah mendukung dan mendorong dia untuk sembuh. Kasih dia motivasi dan buat dia percaya diri lagi dengan enggak menyinggung soal berat badannya. Yang pasti jangan pernah meninggalkan teman kita yang lagi terkena penyakit ini, karena itu bakal bikin dia tambah depresi.

 

Konsultasi ke Psikolog

Kalau kita sendiri yang mengalami gejala-gejala anorexia tadi sebaiknya kita langsung bilang ke orang tua dan konsultasi ke psikolog. Soalnya anorexia adalah menyakit mental yang harus disembuhkan dengan cara terapi. Setelah menjalani terapi, kita harus tetap berkomitmen buat sembuh dan mulai gaya hidup sehat.

 

(Baca juga : Mengenal Bulimia dan Bahayanya Buat Cewek)

 

(razan, foto : giphy.com, aradigmmalibu.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN