Memberi Kesan Baik Saat Berkenalan Dengan Orang Baru

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 September 2014

Memberi Kesan Baik Saat Berkenalan Dengan Orang Baru

Memberi kesan baik dan positif saat bertemu dengan orang lain, terutama berkenalan dengan orang baru, memang enggak mudah. Banyak faktor yang menyebabkan orang secara gampang menilai sosok kita yang cenderung negatif, seperti sombong, enggak bersahabat, dan enggak komunikatif.

 

(Baca juga: Panduan Bahasa Tubuh untuk Tiap Situasi)

 

Penulis Susan RoAne yang baru saja merayakan kiprahnya yang ke 25 tahun merilis buku berjudul How to Work a Room: The Ultimate Guide to Making Lasting Connections - in Person and Online memaparkan bagaimana menghindari kesan menakutkan dan buruk ketika pertama kali bertemu seseorang kepada situs Women's Health.

 

Menurutnya, inilah cara memberi kesan baik saat berkenalan dengan orang baru.

 

Tahu berita terkini

Salah satu yang membuat orang enggan meneruskan obrolan adalah ketika kita enggak mengetahui berita terkini yang sedang hangat dibicarakan di ruang publik. Topiknya enggak harus selalu politik atau ekonomi yang terkesan berat. Kita bisa membaca berita seputar isu sosial, selebriti, hiburan atau umum.

 

Jadilah yang pertama tersenyum dan membuat kontak mata

Tersenyum dan membuat kontak mata adalah wujud pendekatan pro-aktif yang harus dilakukan. RoAne mengungkapkan bahwa ketika seorang tersenyum kembali pada kita, itu memberikan makna dia sangat terbuka untuk berkenalan dan mengenal kita lebih jauh. Balasan senyum dan kontak mata adalah signal dan lampu hijau untuk memulai pendekatan.

 

(Baca juga: Surviving Guide Anak Baru di Sekolah)

 

 

Buat perkenalan kita begitu diingat

RoAne menganjurkan ucapan perkenalan yang percaya diri, menarik serta sopan saat mengawali obrolan. Buat diri kita mendapat sorotan dari lawan bicara melalui cara positif, baik jawaban atas pertanyaan yang memukau atau gestur tubuh yang ramah.

 

Berpura-pura kita berbicara kepada lebih dari satu orang di ruangan tersebut

Dengan menerapkan hal tersebut, kita akan lebih berhati-hati terhadap setiap kata atau ucapan yang keluar dari bibir kita. Pahami siapa lawan bicara kita sehingga kita bisa tahu bagaimana caranya bersikap.

 

Jujur dan membuka diri

Subjek favorit yang bisa melancarkan proses perkenalan dan obrolan adalah dengan membicarakan hal yang menarik dari diri kita di hadapan orang lain dengan cara wajar dan sopan. Bertanya secara terus menerus kepada lawan bicara hanya akan membuatnya bosan dan berpikir kita usil. Optimis dan fokus pada obrolan positif mengenai kelebihan dan kekurangan diri dalam batas normal.

 

(Baca juga: 5 Resep Singkat Disukai Banyak Orang)

 

(ridho/tabloidnova.com, foto: daddyholmes.tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN