Masuk Angin, Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 3 Maret 2016

Istilah masuk angin enggak ada dalam literatur kedokteran.

Masuk angin bisa dibilang penyakit khas Indonesia. Masyarakat di belahan dunia lain enggak mengenal masuk angin. Bahkan, dalam dunia kedokteran sebetulnya enggak mengenal istilah masuk angin. Jadi, apakah masuk angina adalah penyakit yang cuma ada di Indonesia?

 

(Baca juga: Usir flu dengan bahan alami)

 

Enggak ada penyakit masuk angin

Ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Dr. Mulia Sp. PD menjelaskan kalau istilah masuk angin merupakan kondisi di mana seseorang merasa pegal-pegal, kembung atau perut terasa penuh, buang angin terus menerus, mual, batuk, flu, merasa kedinginan, dan demam. Orang Indonesia biasanya mulai merasa masuk angin bila salah satu dari gejala ini muncul.

 

“Istilah masuk angin enggak ada dalam literatur kedokteran. Jadi, masuk angin itu hanya sebutan orang Indonesia bagi kumpulan gejala tadi,” kata Dr. Mulia.

 

Penyebabnya pun beragam, tergantung dari gejala yang dirasa. Yang jelas, gejala tersebut bukan karena kemasukan angin secara besar-besaran dari luar tubuh.

Karena gejala dan penyebabnya bervariasi, maka cara penanganannya pun berbeda. Enggak bisa disamaratakan.

 

Seringkali, kerokan dianggap cara paling ampuh untuk mengusir masuk angin. Lalu, apakah kerokan bisa menyembuhkan masuk angin? Jawabannya ada di halaman selanjutnya.

 

(Baca juga: Langkah Mudah Perangi Flu)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN