Manfaat Persahabatan Buat Kesehatan (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 12 Juni 2014

Manfaat Persahabatan Buat Kesehatan (Bagian 2)

Persabahatan memberi kita momen saat gembira, sedih, dan yang lebih penting adalah saat-saat yang menyenangkan. Dan menurut penelitian, ada banyak manfaat persahabatan buat kesehatan, lho!

 

Teman di tempat kebugaran
Untuk mendapatkan hasil maksimal memang sebaiknya ada teman ketika pergi ke tempat kebugaran. Sejujurnya, tempat kebugaran memang tempat yang sangat membosankan. Bila ada teman itu tak akan terjadi. Ada juga semangat persaingan yang sehat ketika kita bersama dengan teman dekat.


Dukungan kuat
Ketika kita harus melalui pembedahan serius atau bahkan pengobatan kanker, hal yang paling penting adalah dukungan. Memiliki teman dekat bisa membantu melewati hari-hari menyedihkan, sehingga kita punya kekuatan untuk bertahan hidup.

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology yang dilakukan bersama oleh Universitas California, San Fransisco dan Berkeley/Harvard Medical School, menemukan bahwa wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara lebih mungkin bertahan hidup jika mereka memiliki teman dekat.

 

Berbagi dan peduli
Teman bisa membantu dalam kebiasaan sehat kita. Misalnya ketika berlangganan majalah kesehatan dan berbagi langganan bersama. Bisa berbagi peralatan olahraga dan bahkan tips tentang cara untuk melakukan olahraga dengan benar. Teman juga bisa saling memberi informasi dari berita kesehatan terbaru atau tempat yang tercemar, misalnya.

 

Jauh dari depresi
Nomor satu untuk pengobatan depresi adalah persahabatan. Persahabatan bekerja seperti sebuah pesona ketika melawan depresi. Penelitian tahun 2002 yang dilakukan oleh John Hopkins University menemukan bahwa orang yang aktif dalam kehidupan sosial kecil kemungkinannya menderita depresi.

 

Orang dengan jaringan pertemanan kuat merasa seperti ada seseorang yang bisa menjadi tempat berpaling. Mereka merasa lebih santai dan damai, yang akhirnya berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik. 

Jadi, mulailah mencari teman sejati! Sekarang! (Lifemojo)

 

(k. tatik/intisari-online.com, foto: digitalspy.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN