Manfaat Persahabatan Buat Kesehatan (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 12 Juni 2014

Manfaat Persahabatan Buat Kesehatan (Bagian 1)

Persabahatan memberi kita momen saat gembira, sedih, dan yang lebih penting adalah saat-saat yang menyenangkan. Dan menurut penelitian, ada banyak manfaat persahabatan buat kesehatan, lho!

 

Hasil penelitian

Sebuah penelitian dilakukan oleh Pusat Penelitian Penuaan pada Universitas Flinders dengan responden 1.500 orang selama 10 tahun. Hasilnya, sebesar 22% mereka hidup lebih lama dengan jaringan pertemanan mereka.

 

Sementara penelitian lain menunjukkan orang-orang dengan teman-teman lebih sedikit cenderung lebih cepat mati setelah mengalami serangan jantung daripada orang dengan jaringan sosial yang kuat. Benarkah bahwa teman-teman baik kita bisa bermanfaat bagi kesehatan juga.

 

Jawabannya adalah big YES! Kita lihat bagaimana teman baik bermanfaat bagi kesehatan kita.

 

Hidup panjang 
Sebuah penelitian menyebutkan kesimpulan di atas. Memiliki jaringan sosial yang kuat bukan berarti bahwa kita bisa hidup lebih lama. Memiliki hubungan dekat dengan keluarga hampir tidak membuat perbedaan. Persahabatanlah yang terpenting.

 

Tingkat stres berkurang
Mengapa kita menelepon teman sebelum ujian? Itu karena teman-teman bisa membantu kita mengurangi tingkat stres, baik itu stres kerja atau dalam berhubungan, hanya dengan percakapan hangat. Secangkir kopi dan topik pembicaraan secara acak bisa membebaskan hormon stres.

 

Kebiasaan baik 
Jika kita memiliki teman yang mengetahui pentingnya kesehatan yang baik, mereka akan memberitahu kita kebiasaan yang baik juga. Teman juga yang membuat kita mengecek kebiasaan buruk makan kita, membantu meningkatkan kesehatan kita dengan mendorong kita mengubah gaya hidup tidak sehat, seperti kurangnya olahraga. Namun, waspada dengan sisi lainnya, karena teman juga bisa memperkuat kebiasaan buruk satu sama lain.

 

(k. tatik/intisari-online.com, foto: sidereel.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN