Manfaat Musik buat Mood Kita

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 21 Maret 2013

Manfaat Musik buat Mood Kita

Buat kita yang suka mendengarkan musik, kita termasuk orang yang beruntung. Soalnya musik itu banyak manfaatnya. Dan setiap jenis musik punya 'khasiat' yang berbeda-beda. Dari segi fisik misalnya, musik punya manfaat untuk kekuatan, kinerja, daya tahan, performance, dan keterampilan motorik (Kravits, 1994). Jadi, makin banyak jenis musik yang kamu dengar, makin banyak manfaat yang kamu dapatkan. Tentunya disesuaikan dengan jenis aktivitasnya, ya girls.

 

Upbeat, dance

Cocok didengarkan saat: Berolahraga.

Musik ini bisa menyeimbangkan dan memaksimalkan kecepatan, kekuatan dan detak jantung kita. Daya tahan tubuh terjaga dan enggak gampang capek karena musik mengalihkan kita dari rasa capek. Kita jadi semangat terus saat berolahraga.

 

ambient, chill out, nu jazz, trip hop

Cocok didengarkan saat: belajar, membaca,

Jenis-jenis musik seperti ini emang biasa digunakan bukan untuk jadi pusat perhatian, tapi lebih untuk menciptakan suasana santai dan relax. Jenis musik ini biasanya enggak ber-vokal (enggak ada suara penyanyinya), jadi enggak merangsang kita untuk ikutan nyanyi dan teralihkan fokusnya saat belajar.

 

rap, hip-hop

 Cocok didengarkan saat: belajar bahasa, menari

Musik Hip-hop yang bikin semangat banget buat joget ini biasanya juga disebut rap music. Rap atau rhythmically accentuated poetry berisi puisi yang mencampurkan teknik berbahasa seperti simile, metafora, dan lain-lain. Mendengar musik rap kita jadi  tambah kreatif menggunakan bahasa. Kita jadi tahu gimana cara menggabungkan gaya bahasa dengan ritme musik. Kemampuan berpikir kritis juga dilatih, soalnya, lirik lagu rap itu biasanya mengkritisi sesuatu.

 

classic

Cocok didengarkan saat: menjelang tidur, bersantai, belajar

Penelitian yang paling terkenal tentang musik klasik adalah adanya Mozart Effect. Musik klasik (khususnya Mozart) bisa meningkatkan kemampuan mental dan kognitif seperti memecahkan masalah dan berpikir logis. Beberapa jenis musik klasik juga bisa didengarkan menjelang tidur karena temponya yang ringan dan instrumennya yang menenangkan.

 

rock

Cocok didengarkan saat: lagi badmood, kesal

Menyanyikan atau mendengarkan musik rock bikin kita lega.  Karena, selain meningkatkan kreativitas, musik rock bagus buat berekspresi dan mengungkapkan emosi. Musik rock biasanya penuh emosi. Tercermin dari nada, tempo, instrument yang ada di dalamnya. Biasanya, liriknya punya pesan tentang kehidupan, semangat, moralitas, dan perubahan dunia.  Kita yang tadinya down bisa jadi lebih optimis.

 

 

(dea, foto. torontosun.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN