Manfaat Berjalan Kaki

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 9 Mei 2013

Manfaat Berjalan Kaki

Seberapa sering sih kita berolahraga? Hmm... saat pelajaran olahraga aja? He-he-he. Kalau kita emang jarang berolahraga, mending kita ubah kebiasaan kita dari sekarang. Minimal dengan rajin berjalan kaki.  Gampang kan? Lagipula, jalan kaki itu banyak banget manfaatnya, lho!

 

Memperkuat jantung

Dalam sebuah penelitian, berjalan kaki bisa bikin jantung lebih kuat. Tingkat kematian pria yang berjalan kaki kurang dari 1 mil per hari, dua kali lebih banyak dibanding mereka yang menempuh jarak 2 mil per hari.  Jalan kaki 3 jam per minggu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau jenis penyakit jantung lain.


Baik untuk otak

Dalam sebuah studi, wanita yang berjalan 1,5 jam per minggu punya fungsi kerja otak lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu. Sebuah penelitian terhadap 300 orang di Pittsburgh AS, mereka yang berjalan setidaknya enam mil atau 9,66 kilometer lebih sedikit mengalami penyusutan otak. "Penyusutan ukuran otak bisa mengakibatkan masalah daya ingat," kata Kirk Erickson dari Universitas Pittsburgh. Orang yang rutin jalan kaki enam sampai Sembilan mil dalam seminggu memiliki risiko terserang gangguan daya ingat 50 persen lebih rendah dari mereka yang berjalan kaki kurang dari seminggu.

 

Menguatkan tulang

Meski kita masih muda, seenggaknya kita udah rajin merawat tulang kita. Orang yang rajin berjalan kaki, punya kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang sedikit berjalan kaki. Manfaat lainnya dari berjalan kaki adalah, untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki. Massa tulang adalah jumlah mineral pada tulang. Semakin baik kepadatan tulang dan massa tulang, maka kita tetap kuat, sehat, cekatan dan terhindar dari osteoporosis.

 

Mengurangi gejala depresi

Berdasarkan studi di Skotlandia, jalan kaki bisa menekan depresi. Menurut jurnal Mental Health dan Physical Activity, berjalan kaki dapat melepaskan emosi sehingga perasaan baik muncul. Kita jadi semangat dan mood pun terjaga baik. Rajin jalan kaki selama 30 menit, selama tiga sampai lima kali per minggu selama 12 minggu berturut-turut mengurangi gejala depresi.

 

Mengontrol berat badan

Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh bergerak. Kita cepat mengeluarkan energi sehingga membantu membakar lemak berlebih di tubuh.  Dengan berjalan cepat 30 menit setiap hari, kita udah membakar 150 kalori. Dan bisa menurunkan sekitar 0,5 kg setiap minggu. Badan pun jadi lebih segar dan lebih semangat beraktivitas.

 

(dea, foto:  weheartit.com)

 

Tags : kesehatan

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN