Manfaat Bela Diri Buat Cewek

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 16 Mei 2013

Manfaat Bela Diri Buat Cewek

Sebagai satu cara buat mempertahankan diri, banyak orang mencoba belajar seni dan olahraga bela diri. Meskipun kesannya galak dan maskulin, tapi banyak juga cewek yang ikutan bela diri. Seni bela diri banyak banget macamnya dan ada di berbagai tempat di dunia ini. Nah, buat yang pengin belajar, coba kenalan dengan beberapa di antaranya yuk!


Muay Thai

Muay Thai atau Tinju Thai adalah bela diri dari Kerajaan Thai (Thailand) sejak dua ribu tahun yang lalu. Awalnya sempat disebut 'dhoi muay' atau hanya 'muay', yang kemudian menjadi sebuah olahraga di mana dua lawan bertempur di depan penonton sebagai hiburan. Lalu secara bertahap, 'muay' menjadi cara untuk melindungi raja dan negara sampai akhirnya jadi salah satu seni bela diri seperti sekarang ini. Tekniknya banyak menggunakan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut.  

 

Manfaat:

Meningkatkan kekuatan fisik, stabilitas, kedisiplinan, kepercayaan diri, kesigapan tubuh dan koordinasi. Kalau dilakukan secara teratur, selain menurunkan tingkat stress dan menurunkan berat badan, Muay Thai juga meningkatkan kesabaran dan kendali diri.

 

Karate

Karate berasal dari Jepang. Seni atau olahraga bela diri ini awalnya disebut 'tote'  lalu berubah jadi 'karate' yang artinya tangan kosong. Karate berfokus pada membangun kekuatan dan ketahanan. Latihan dasar karate terbagi jadi tiga, yaitu: teknik dasar (memukul, menendang dan menangkis), latihan jurus dan latihan tanding atau sparring. Dan memerlukan gerakan seluruh tubuh ke semua arah.


Manfaat:

Manfaat secara fisik: menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengencangkan dan menyegarkan tubuh, membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan koordinasi otot-otot tubuh, keseimbangan. Sedangkan secara emosional, manfaat karate adalah meningkatkan kedisiplinan, ketenangan, kecepatan mengambil keputusan dan latihan fokus.

 

Taekwondo

Taekwondo adalah olah raga bela diri dari Korea yang paling populer dan menjadi olah raga nasional. Bela diri ini berfokus pada gerakan tangan dan kaki. Pada umumnya menekankan tendangan, pukulan dan pertahanan tangan.

 

Manfaat:

Membuang kolesterol jahat dalam tubuh, menstabilkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengencangkan otot dan membuat tubuh jadi kencang, meningkatkan stamina dan meningkatkan mood.

 

Pencak Silat

Bela diri ini berakar dari budaya Melayu dan dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura. Tapi ditemukan juga berbagai variasi di Filipina Selatan dan Thailand Selatan.  Ketika seorang pesilat bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat. Teknik bertahan dan menyerang dalam silat menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut dan telapak kaki.

 

Manfaat:

Menumbuhkan rasa jujur  dan welas asih, bikin pede, bikin pendengaran dan penglihatan lebih peka, menambah kesehatan jantung dan paru-paru, melatih pernapasan dan meningkatkan pengendalian diri.

 

Capoeira

Capoeira  dikembangkan para budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brazil tahun 1500-an. Gerakannya menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertandingan capoeira diiringi oleh musik dan disebut Jogo. Dulu para budak berlatih capoeira dengan sengaja diiringi musik supaya dikira hanya aktivitas senang-senang berpesta biasa oleh majikan mereka. Sekarang Capoeira dianggap sebagai olahraga nasional Brazil.

 

Manfaat:

Mengenalkan kita pada musik, tarian dan salah satu filosofi kebudayaan Amerika latin. Selain itu, olah raga ini membantu membentuk tubuh lebih menarik, melancarkan peredaran darah, menguatkan otot dan tulang, membakar lemak dan kalori, menurunkan resiko obesitas dan tekanan darah tinggi, bikin awet muda, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan memori,meningkatkan kreativitas,  menjernihkan pikiran dan menimbulkan rasa bahagia.

 

(dea, foto: brightonmartialartsnews.co.uk)

 

Tags : bela diri

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN