Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 13 Mei 2014

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Saat  menstruasi tubuh rasanya sering enggak keruan.  Perut sering terasa kembung, nafsu makan naik turun. Pokoknya nyebelin banget,deh. Agar masalah ini enggak muncul, sebaiknya kita mulai memperhatikan makanan apa yang boleh dan harus dihindari saat menstruasi.

 

Makanan berlemak

Makan berlemak biasanya sering mengandung garam yang cukup banyak. Ini akan makin membuat perut kita kembung dan terasa panas. Apalagi kalau kita sering keram, makanan berlemak membuat keram makin terasa. Kalau kita tipe pemakan daging, kita bisa ganti dengan memilih bagian daging yang enggak terlalu berlemak seperti bagian paha. Atau untuk sementara daging kita ganti dulu dengan ikan.

 

Es krim

Perut panas dan badan pun terasa lebih sering berkeringat. Bawaannya jadi pingin yang segar dan dingin. Pastinya es krim harus kita harus sementara dari pilihan kita. Es krim yang terbuat dari susu mengandung lemak yang tinggi. Ini efeknya sama seperti saat kita mengkonsumsi makanan berlemak. Kalau ingin yang segar, kita bisa ganti es krim dengan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon atau pir.  Potong  buah-buahan ini seukuran dadu dan simpan semalam di lemari es. Segar, manis dan sehat!

 

Makanan dalam kemasan

Makanan dalam kemasan atau processed food memang gampang didapat dan diolah tapi saat menstruasi sebaiknya dihindari.  Makanan seperti keripik kentang, chips biasanya mengandung jumlah sodium yang tinggi. Ini membuat perut kembung dan ada perasan mual. Kalau kita suka ngemil sejenis kripik, kita bisa mengganti dengan kacang-kacangan.

 

Kopi

Buat kita pecandu kopi, setiap pagi harus dimulai dengan minum kopi. Tapi kebiasaan ini harus diubah kalau sedang menstruasi. Kopi bisa memicu menstruasi jadi enggak teratur dan perut keram. Sebagai gantinya kita bisa minum cokelat atau teh. Tapi hati-hati juga ya saat memilih teh. Beberapa flavour tea  (the yang diolah dengan campuran berbagai rasa) seperti  peach tea, strawberry tea  sebaiknya dihindari karena  mengandung zat caffein yang sama seperti kopi.  Pilih saja teh hijau, teh hitam atau teh melati.

 

Makanan manis

Saat lagi menstruasi, badan terasa lesu dan otak memberikan sinyal kita butuh yang manis-manis.  Enggak heran saat menstruasi kita jadi pengin makan permen, cookies atau cake. Sebenarnya makanan manis saat menstruasi malah membuat perut keram. Kita bisa menggantinya dengan buah-buahan manis atau dark chocolate.  Minuman manis apalagi bersoda juga sebaiknya kita hindari. Sebagai gantinya, banyak-banyaklah minum air mineral.

 

(muti, foto: huffingtonpost.ca)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN