Makanan Sehat Menjelang Ujian

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 1 April 2014

Makanan Sehat Menjelang Ujian

Mempersiapkan diri untuk ujian enggak hanya dengan belajar, lho. Asupan makanan juga perlu kita perhatikan agar belajar makin cling dan bisa dapat nilai bagus.


Makan secara teratur

Okay, lupakan dulu diet ketat. Kita butuh energi agar otak bisa diperas sedemikian rupa. Jadi kita harus makan secara teratur, mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Enggak perlu khawatir gendut kalau kita memilih makanan-makan yang sehat dan dengan porsi pas. Kalau porsi terlalu banyak juga bisa membuat kita kekenyangan dan malah jadi ngantuk. Hi-hi-hi. Siapkan juga cemilan, sehat seperti buah-buahan yang sudah dipotong atau kacang-kacanganya. Biar enggak repot dan menghabiskan waktu letakan cemilan sehat dalam piring dan wadah yang ada di dekat meja belajar.

 

Minum air putih

Kedengaranya sepele. Tapi khasiat air putih enggak bisa diremehkan,lho. Apalagi kalau kita banyak menghabiskan waktu dengan duduk di  meja, kita cenderung cepat haus. Sebaiknya hindari minuman yang manis-manis. Kalau bosan dengan air putih bisa diganti dengan juice, susu atau teh hijau. Hindari kopi dan teh manis, terutama saat sedang bedagang hingga larut malam.

 

Makan pisang

Suka heran kenapa atlet senang ngemil pisang? Karena dalam satu potong pisang dia memiliki kandungan gula   (fructosa dan glukosa) dan karbohidrat yang cukup tinggi. Glukosa merupakan jenis gula yang gampang diserap sehingga membuat kita cepat berenergi, sedangkan fruktosa merupakan jenis gula yang lambat diserap sehingga dia membuat energi enggak cepat habis. Kalau kita ingin begadang tapi enggak mau makan berat, pisang bisa dijadikan sebagai pengganti sumber energi.

 

Sayuran hijau

Sayuran hijau dan berwarna gelap sangat membantu kita berenergi. Pilih deh tumis bayam, bok coy, brocolli untuk menu makan siang kita. Ubi juga membuat kita berergi dan kayak protein yang membuat otak bekerja dengan baik.

 

(muti, foto: pouted.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN