Makanan dan Buah-buahan Penyebab Keputihan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 20 Agustus 2015

Makanan dan Buah-buahan Penyebab Keputihan

Keputihan (vaginal candidiasis) atau infeksi di bagian kewanitaan utamanya disebabkan jamur candida, selain juga oleh bakteri. Jamur yang tumbuh di vagina secara berlebihan ini dipicu beberapa faktor di antaranya asupan makanan. Ini dia makanan dan buah-buahan penyebab keputihan.

 

(Baca juga: Haruskah Memakai Sabun Khusus Vagina?)

 

Makanan dengan kadar gula tinggi

Konsumsi makanan berkadar gula tinggi menjadi faktor risiko munculnya keputihan. Contohnya donat, permen, serta makanan manis lainnya yang dikonsumsi berlebihan.

 

Buah-buahan

Dikatakan juga oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Budi Iman Santoso, SpOG (K), terdapat tiga buah yang menyebabkan keputihan jika dikonsumsi berlebihan, yakni nenas, bengkoang, dan mentimun.

 

"Jika makanan ini dikonsumsi tidak berlebihan dan makan makanan dengan menu seimbang, tentunya enggak lantas menyebabkan keputihan. Bukan berarti jenis makanan ini enggak boleh dikonsumsi," kata dr Budi.

 

(Baca juga: 4 Fakta Soal Vagina dan Selaput Dara)

 

Obat-obatan

Selain karena faktor makanan, ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan keputihan, yaitu seperti terlalu sering menggunakan obat antibiotika, pil kontrasepsi, atau menggunakan celana ketat berbahan nilon.

 

Mengurangi makanan yang memicu risiko keputihan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran jamur di vagina. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh terutama organ intim.

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Cewek Dalam Menjaga Kebersihan Vagina)

 

(dini/female.kompas.com, foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN