Makan Terlalu Banyak, Seimbangkan dengan Lima Makanan Ini!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 6 Juni 2014

Makan Terlalu Banyak, Seimbangkan dengan Lima Makanan Ini!

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, ternyata ada cara lezat untuk mengembalikan tubuh yang agar seimbang setelah kita makan terlalu banyak, sekaligus. Bahkan, mengonsumsi lima jenis makanan ini juga mampu melawan radikal bebas. Apa sajakah makanan tersebut? 

 

Jus jeruk

Sebuah studi dalam yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2010 menunjukkan, flavonoid, sebuah senyawa antioksidan yang terkandung di dalam jus jeruk dapat menjaga jantung agar mampu mengimbangi efek negatif dari kalori dan lemak.

 

Dalam studi tersebut, orang yang minum jus jeruk saat mengonsumsi makanan tinggi kalori ketika sarapan, punya potensi terkena radikal bebas berbahaya lebih rendah ketimbang orang yang minum air atau air gula saat sarapan dengan kadar yang sama.

 

Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, termasuk diantaranya buah beri, anggur, kiwi, dan ceri membantu meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas berbahaya yang terjadi setelah makan. Sebaliknya, makan makanan yang kaya kalori tanpa dilengkapi dengan konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran dapat berdampak berbahaya dalam jangka panjang.

 

Tetesan cuka

Melengkapi makanan dengan satu sendok makan cuka akan menekan lonjakan kadar gula darah yang biasanya terjadi setelah makan besar, terutama makanan yang kaya karbohidrat.

 

Menambah rempah-rempah dalam makanan

Menambah rempah-rempah dalam makanan dapat membantu mengurangi efek negatif dari makan berlebih. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, partisipan yang mengonsumsi makanan dengan sekitar 2 sendok rempah-rempah (campuran dari daun rosemary, oregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, cengkeh, bubuk bawang putih, dan paprika), memiliki kadar trigliserida dan insulin yang lebih rendah.

 

Di sisi lain, mereka juga punya tingkat antioksidan yang lebih tinggi setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak dibanding saat mereka makan makanan yang tidak memiliki rempah-rempah. Para peneliti menduga, campuran rempah-rempah dapat membantu penyerapan lemak dan kandungan antioksidan membantu menyerap radikal bebas berbahaya yang dihasilkan ketika kita mengonsumsi makanan berlebih. Ini adalah salah satu dari lima makanan penyeimbang tubuh setelah makan berlebihan. (sumber:eatingwell)

 

(chatarina/tabloidnova.com, foto: thesun.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN