Makan Sayur dan Buah Lebih Efektif dari Olahraga

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 16 April 2014

Makan Sayur dan Buah Lebih Efektif dari Olahraga

Hasil penelitian mengatakan, mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari terbukti jauh lebih efektif berdampak pada kesehatan daripada olahraga. Bahkan para pakar menyarankan untuk mengonsumsi lima buah dan sayuran yang berbeda sebanyak 80 gram setiap harinya.

 

Saran pakar ini berdasarkan panduan Word Health Organisation, yaitu bahwa buah dan sayur terbukti mampu meringankan risiko serius pada sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

 

Mengurangi risiko terkena penyakit

Namun studi terbaru memaparkan, mengonsumsi tujuh buah-buahan dan sayuran atau lebih setiap harinya bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kanker sebanyak 25 persen.

 

Semakin banyak mengonsumsi buah dan sayur juga bisa mengurangi seseorang dari risiko terkena penyakit jantung sebanyak 31 persen.

 

Mengurangi risiko kematian

Penelitian yang dilakukan University College London (UCL) pernah menguji kebiasaan makan sebanyak 65.000 orang di Inggris, antara tahun 2001 dan 2013. Mereka menemukan fakta, bahwa mengonsumsi tujuh atau lebih jenis buah dan sayuran per hari mampu mengurangi risiko kematian sebanyak 42 persen, dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi satu jenis buah atau sayuran saja per hari.

 

Seseorang yang mengonsumsi lima sampai tujuh jenis buah dan sayuran tiap harinya memiliki kemungkinan mengurangi risiko terhadap kematian sebanyak 36 persen.

 

Sementara mereka yang hanya mengonsumsi tiga jenis buah dan sayuran saja per hari hanya memiliki peluang menurunkan risiko kematian akibat masalah kesehatan sebesar 25 persen. Dan bagi mereka yang makan hanya satu jenis buah atau sayuran saja per hari, hanya memiliki 14 persen peluang dalam mengurangi risiko dari kematian. (Sumber: Huffington Post)

 

(intan/tabloidnova.com, foto: skinnytwinkie.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN