Makan Buah Bisa Bikin Gemuk?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 27 Februari 2014

Makan Buah Bisa Bikin Gemuk?

Mengontrol asupan makanan dalam diet yang kita jalani gampang-gampang susah. Kalau mau teliti banget, kita bisa sampai mengecek kalori pada setiap makanan yang kita makan. Nah, buah-buahan juga bisa jadi alternatif makanan sewaktu kita diet. Tapi kita perlu hati-hati, kebanyakan makan buah juga bisa bikin kita gemuk!


Kandungan gula

Buah mengandung gula sederhana jenis fruktosa, juga karbohidrat. Menurut konselor kesehatan Jacqueline Silvestri Banks, dua hal itu perlu kita kontrol dalam diet. Kalau kita makan buah terlalu banyak, kadar insulin dalam tubuh bakal meningkat. Hal ini yang membuat tubuh kesulitan membakar lemak.

 

Beda sama makanan mengandung lemak

Fruktosa yang terkandung dalam buah enggak bisa langsung diolah tubuh menjadi energi. Fruktosa sendiri diproses di hati dan enggak segera digunakan. Jadinya, asupan buah yang kita makan justru menjadi lemak yang tertimbun dalam tubuh.

 

Dua buah per-hari

Kalau kita kepengin diet dan tetap mengonsumsi buah, kita bisa membatasi jumlah buah yang kita makan. Menurut Banks, konsumsi buah bisa dibatasi dua sajian per-hari. Kita juga perlu memilih buah dengan kandungan fruktosa rendah dengan serat yang tinggi. Nah, apel hijau bisa menjadi pilihan baik buat kita konsumsi.


Konsumsi buah masih rendah

Berhubung konsumsi buah dan sayuran di Indonesia masih rendah, masih jarang ditemukan kasus kegemukan karena terlalu banyak konsumsi buah. Menurut Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2007, hanya 6,4 persen orang Indonesia yang cukup makan sayur dan buah.

 

(lana, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN