Lima Manfaat Buah Gooseberry Bagi Tubuh

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 7 Agustus 2014

Lima Manfaat Buah Gooseberry Bagi Tubuh

Pernah dengar buah gooseberry? Gooseberry adalah buah berry asal Eropa dan banyak tumbuh di Afrika Barat, Selatan, dan Asia Tenggara. Ternyata gooseberry punya banyak manfaat. Ini dia lima manfaat buah gooseberry bagi tubuh.


(Baca juga: Lebih Sehat Buah Potong atau Jus?)

 

Kulit dan Rambut
Gooseberry mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal penyebaran radikal bebas-yang membunuh sel-sel sehat dalam tubuh. Dengan menjaga sel-sel dalam tubuh tetap sehat, gooseberry membuat kulit berkilau dan bercahaya. Selain itu, kandungan zat besi dan kalsium dalam buah ini juga membuat rambut lebih kuat dan tumbuh lebih cepat. Jumlah rambut rontok pun berkurang. 

Perut
Buah gooseberry baik untuk perut, karena mengandung banyak serat yang mencegah sembelit. Selain itu, gooseberry juga berfungsi dalam memperlancar pencernaan-dengan menyeimbangkan asam dalam perut.   

 

(Baca juga: Cantik dengan Buah-buahan)

 

Memperlambat penuaan dini
Secara langsung, mengonsumsi buah ini enggak dapat membuat kita awet muda. Namun, buah gooseberry mampu memperlambat proses penuaan. Gooseberry punya kandungan Oxidate Radiance Activity Capacity (ORAC) sebesar 3387 mikromol per 100 gram-yang efektif dalam mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang menyebabkan penuaan dini. 

Melawan anemia dan baik untuk sistem saraf
Gooseberry kaya akan zat besi yang baik bagi penderita anemia. kita bisa mengonsumsi satu buah gooseberry sehari atau minum jus gooseberry dua atau tiga kali seminggu untuk mencegah anemia. Selain itu, gooseberry juga mengandung kalium yang berguna bagi sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.


(Baca juga:  Cantik dengan Si Buah Tomat)

Menjaga kadar gula darah
Gooseberry baik bagi penderita diabetes. Mengonsumsi buah ini akan meningkatkan produksi insulin dan membuat kadar gula berada dalam level yang tepat. Cara mengonsumsinya bisa dengan memotong gooseberry menjadi potongan kecil, lalu dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk. kita bisa mencampurkan bubuk ini pada segelas air atau susu untuk dikonsumsi setiap hari.(Magforwomen) 

 

(chatarina/intisari-online.com, foto: laundryetc.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN