Lessons Learned from Sport

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 2 April 2013

Lessons Learned from Sport

Girls, ternyata olahraga itu enggak cuma bermanfaat buat menyehatkan badan, tapi juga memberikan kita banyak pelajaran berharga buat mengembangkan kepribadian kita.

 

Basket

Kerjasama

Olahraga tim akan melatih kita tentang pentingnya bekerja sama dengan orang lain demi mencapai hasil yang lebih besar. Dengan begitu, kita jadi lebih bisa bekerja sama dengan orang lain dan menjalin pertemanan yang lebih awet.

 

Menentukan tujuan dan kerja keras

Saat main basket, tujuan kita adalah memasukkan bola ke dalam keranjang demi menciptakan poin. Untuk mewujudkannya, kita harus menentukan cara dan strategi. Belum lagi mengatasi hambatan dari tim lawan. Nah, mhal ini bakalan terbawa ke kehidupan kita sehari-hari dan membantu kita menentukan target atau tujuan hidup kita dan bekerja keras buat mencapainya.

 

Ketekunan

Kalau sekali mencoba kita belum berhasil, pasti kita ancoba, kan? Nah, sikap gampang menyerah ini yang bisa kita ambil dan terapkan ke kehidupan sehari-hari. Kalau kita enggak terus mencoba, kita enggak akan tahu bisa atau enggak, kan?


Membentuk jiwa kepemimpinan

Olahraga bakalan membentuk kita jadi pemimpin yang baik, enggak cuma buat tim kita, tapi juga buat diri kita sendiri. Dalam olahraga kita belajar bagaimana harus berani mengambil sikap dan keputusan yang akan menentukan nasib kita atau tim kita.

 

Olahraga sejenis dengan manfaat serupa:

futsal, voli, softball, dan olahraga beregu lainnya.

 

Bela diri

Berani

Bela diri membuat kita menjadi orang yang lebih berani dan enggak gampang takut. Kita menyadari kalau kita adalah orang yang paling bisa diandalkan untuk menjaga diri kita sendiri.

 

Melatih tekad
Melatih tekad maksudnya melatih kekuatan hati kita. Belajar bela diri itu enggak segampang seperti kita main game. Dengan belajar bela diri, kita akan dilatih untuk punya tekad yang kuat untuk melawan rasa malas dalam berlatih dan lebih displin dalam berlatih secara rutin. Tanpa disadari, latihan yang tekun, disiplin, dan tekad yang kuat ini bakal membawa kita lebih sukses dalam kehidupan sehari-hari.

 

Mengendalikan diri

Poin penting dari belajar bela diri adalah kita dilatih buat selalu mengendalikan diri kita, alias mengendalikan emosi. Ada saat kita mengeluarkan kekuatan kita, ada juga saat kita harus menahannya. Kesuksesan kita bergantung bagaimana kita menggunakan kekuatan-kekuatan kita ini di saat yang tepat.

 

Spiritual

Biasanya dengan mendalami bela diri, kita juga jadi lebih dekat dengan Sang Pencipta dan alam semesta. Kita sadar kalau tubuh kita menyimpan potensi yang enggak terbatas tapi sekaligus kita sadar kalau masih ada kekuatan lain yang lebih besar di luar diri kita.

 

Macam-macam olahraga bela diri:

silat, karate, taekwondo, kung fu, muay thai, capoeira, dan olahraga bela diri lainnya.

 

Boling

Akurasi

Saat main boling, kita harus selalu memperhitungkan kecepatan laju bola dan arah lemparan yang akurat supaya bola kita bisa merobohkan pin. Tanpa akurasi, tembakan kita pasti bakal melenceng. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dengan akurasi tinggi seperti main boling ini, seperti mengerjakan soal matematika, misalnya. Kesalahan kecil bakal mempengaruhi hasil akhir. Nah, hal ini bakal membiasakan kita buat bertindak akurat dan jeli juga dalam kehidupan sehari-hari.

 

Berpikir cepat

Main boling bisa melatih kita untuk berpikir cepat. Ini penting banget saat kita dituntut untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cepat dan tepat.

 

Fokus

Saat melempar bola boling, kita dituntut untuk fokus dan konsentrasi tinggi. Ini bakal melatih kita untuk selalu fokus dan konsentrasi saat mengerjakan sesuatu.

 

Olahraga sejenis yang punya manfaat sama:

biliar, catur, bridge, dan panahan.

 

(aisha, foto: )

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN