Lebih Sehat Buah Potong atau Jus?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 13 Juli 2014

Lebih Sehat Buah Potong atau Jus?

Buah-buahan penting buat kesehatan. Tapi lebih praktis kalau minum jus. Sebenarnya mana sih yang lebih sehat, buah potong atau jus?


Walaupun praktis, jus dibuat tanpa gula tambahan (gula cair/gula pasir) atau sirop. Biarkan rasa manis berasal dari buah itu sendiri (fruktosa). Pemberian gula tambahan dan sirop malah akan mengurangi khasiat dari buah-buahan yang dibuat jus tersebut.

 

(Baca juga: Makan Buah Bisa Bikin Gemuk)

 

Vitamin Pada Jus akan Hilang
Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Bila disimpan terlalu lama, vitamin yang ada dapat rusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jadi, buatlah jus ketika hendak diminum.

Perlu diingat, meski jus buah lebih banyak disukai, kita tetap harus membiasakan mengonsumsi buah potong/buah segar. Perlunya tetap mengonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung dan usus, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal.

 

Buah segar akan memberikan manfaat serat sehingga kita terbebas dari sembelit. Jadi, tetaplah mengonsumsi buah segar/buah potong karena enggak seluruh manfaatnya dapat diganti dengan jus.

 

(Baca juga: Kulit Buah Untuk Kecantikan)

 

Makan Buah 2-3 Porsi Sehari
Konsumsi buah yang ideal adalah 2-3 porsi perhari karena buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membantu metabolisme energi, mengatur pertumbuhan dan berperan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh. 

Vitamin dan mineral memang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil, namun pada umumnya vitamin dan mineral enggak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya harus didatangkan dari makanan, salah satunya dari buah potong segar. 

Usahakan mengonsumsi buah yang berbeda dalam 2 atau 3 porsi itu. Misalnya pagi hari pisang, siang hari jeruk, dan malam hari makan buah pepaya.

 

(Baca juga: Cantik dengan Buah-buahan)

 

(lusia/kompas.com, foto: weheartit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN