Kuliah Gratis Dengan Beasiswa

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 24 Maret 2013

Kuliah Gratis Dengan Beasiswa

Bisa kuliah gratis jadi impian semua orang. Salah satu cara adalah dengan program beasiswa. Perlu persiapan sejak awal dan matang agar bisa mendapatkannya.

 

Persiapan dini

Untuk bisa mendapatkan beasiswa kita harus mempersiapkan diri sejak kita kelas satu SMA. Pastikan nilai-nilai kita sudah bagus dari awal SMA, karena biasanya pemberi beasiswa menjadikan nilai kita sejak kelas 1 SMA sebagai salah satu syarat,  

 

Aktif di kegiatan luar sekolah

Pintar aja enggak cukup, mereka juga mencari cewek yang aktif dan penuh inisiatif. Ini semua bisa terlihat kalau kita aktif di berbagai kegiatan. Enggak perlu banyak-banyak, kita pilih, deh, satu hobi yang jadi kelebihan kita. Lebih bagus lagi kalau berhubungan dengan jurusan yang kita pilih. Misalnya, kita mau kuliah komunikasi, kita bisa pilih ikut ekstrakurikuler fotografi atau jurnalistik. Nanti kita bisa sertakan contoh-contoh karya kita saat mengirimkan pengajuan beasiswa

 

Bahasa Inggris

Kalau mau kuliah di luar negeri, bahasa Inggris itu wajib. Pastinya kita harus melatih kemampuan berbahasa Inggris kita. Enggak sekadar mengerti bahasa Inggris, lho, tapi lebih baik lagi kalau kita juga bisa berbicara dan menulis esai dalam bahasa Inggris. Kita bisa mulai latihan dari sekarang.

 

Bisa dengan menonton siaran berita dalam bahasa Inggris di TV untuk menambah kosa kata bahasa Inggris yang serius dan formal. Bisa juga kita latihan menulis esai dengan topik yang serius yang sering dibahas di koran. Karena biasanya saat tes beasiswa, pihak pemberi beasiswa akan meminta pendapat kita soal topik hangat yang ada di dunia dan di Indonesia.

 

Pilih jenis beasiswa

Ada berbagai jenis beasiswa yang sering diberikan. Ada beasiswa full, yaitu semua biaya dari kuliah, akomodasi, asuransi kesehatan dan uang saku ditanggung. Tapi ada juga beasiswa non-full, biasanya yang ditanggung hanya biaya kuliah aja. Universitas di luar negeri cukup banyak yang memberikan beasiswa seperti ini. Tapi syarat utama adalah kita sudah mendaftar dulu di kampus ini. Kalau kita sudah menentukan kampus di luar negeri yang kita incar, kita bisa mengajukan beasiswa model ini. Walau enggak ditanggung semua, lumayan kan?

 

Bikin esai

Salah satu komponen penting dalam mengajukan beasiswa adalah membuat esai. Biasa kita akan ditanya kenapa kita memilih jurusan itu dan apa alasan utama agar kita bisa terpilih. Dalam esai itu penting kita bercerita soal diri kita dan karakter-karakter positif, termasuk mimpi-mimpi yang berkaitan dengan studi yang kita pilih. Kalau sudah siap langsung deh berburu beasiswa!

 

(muti, foto: reportnewspaper.net)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN