Kuliah di Luar Kampus

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 26 Maret 2013

Kuliah di Luar Kampus

Kuliah hingga jenjang S1 jelas penting. Ada kalanya masalah waktu, biaya dan hal lain membuat kita harus menunda kuliah. Tapi kita enggak perlu berhenti belajar. Ada beberapa alternatif yang bisa dipakai agar tetap terus belajar.

 

Universitas terbuka

Kalau masalah waktu jadi hambatan, kita bisa memilih kuliah di Universitas terbuka. Kita enggak perlu datang ke kampus. Semua pelajaran dan tugas dilakukan sendiri. Kita tinggal mengirimkan tugas pada dosen. Hanya ada beberapa kali pertemuan tatap mata dan saat ujian. Tahun ajaran dimulai Januari dan Juli  2013. Silakan klik ke  http://www.ut.ac.id/

 

Program sertifikat

Ingin dapat pengetahuan atau kemampuan dengan cepat, program sertifikat  atau short course adalah salah satunya. Biasanya program ini semacam sekolah singkat. Waktu belajarnya antara 3 bulan hingga 1 tahun, tergantung pelajaran yang kita pilih. Pilihlah program yang bisa langsung dipakai.  Kemampuan yang berhubungan dengan digital, komunikasi dan dunia entertainment banyak dicari, lho.


Kursus bahasa asing

Enggak bisa dipungkiri bahasa asing itu penting banget. Kita bisa mengambil kursus bahasa Inggris agar lancar baik membaca, berbicara dan juga menulis. Selain bahasa Inggris kita bisa mencari bahasa asing lainnya. Boleh juga kita pilih bahasa asing dari negara yang banyak memberikan beasiswa pada siswa yang bisa berbahasa negara mereka. Jepang dan Jerman termasuk negara yang sering memberi beasiswa dengan syarat calon siswanya  mengerti bahasa mereka.

 

Belajar lewat Youtube

YouTube membuka banyak peluang belajar yang baru. Selain melihat trailer film atau video klip, banyak lembaga yang menyediakan wadah untuk belajar dari YouTube. Kita bisa mengambil banyak ilmu dari sini. Silakan buka YouTube dan klik channel Science & Education. Di sini banyak   saluran ilmu pengetahuan bahkan kuliah singkat yang bisa kita tonton. Kita juga bisa masuk ke YouTubeEdu yang isinya berbagai kuliah dari berbagai universitas terkenal di dunia. Serasa berada belajar beneran di kampus, deh.

 

Belajar bahasa Inggris di channel Misterduncan England.

NASA Goddard berisi hasil penelitian dan perkembangan seputar antariksa.

Belajar matematika dari The Khan Academy.

Yale Course yang isinya mata kuliah berbagai pelajaran seperti filosofi, keuangan, sejarah, yang diajar dosen di ruang kelas.

 

Open Course

Sejumlah universitas di Amerika memiliki program open course. Kita tinggal klik dan masuk ke website mereka untuk belajar sesuai dengan mata kuliah yang kita inginkan. Ini asli gratis. Tentu saja pengajarannya dalam bahasa Inggris tapi jangan khawatir beberapa menyediakan subtitle dalam bahasa Inggris juga sehingga memudahkan kita untuk belajar. Dosennya juga berbicara dengan bahasa Inggris yang sangat jelas dan mudah dimengerti.  Kita bisa pilih mau belajar lewat video atau mendengar dari MP3  saja.

 

MIT Open Course dari Massachusettes Institute of Technology. Sebagian besar pelajarannya berhubungan dengan ilmu pasti dan teknologi.

 

Harvard Open Sourse. Sebagian besar pelajarannya berhubungan dengan sejarah, peradaban manusia dan sejarah.

 

Berkeley University. Untuk mendengarkan kuliah di sini kita harus punya iTunes dan AppleID tapi semuanya bisa kita download gratis, kok.

 

(muti, foto: mashable.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN