Kontrol Nafsu Makan, Yuk!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 4 Juni 2013

Kontrol Nafsu Makan, Yuk!

Menjaga berat badan biar ideal bakalan susah kalau kita enggak bisa mengotrol nafsu makan kita. Hal ini bikin makan kita jadi enggak teratur dan bisa menyebabkan berbagai penyakit gara-gara kegemukan. Mungkin ada yang salah sama pola makan dan gaya hidup kita sampai nafsu makan enggak terkontrol, girls.

 

Salah satu penyebabnya adalah karena kita melewatkan waktu makan. Kalau selama ini kita pikir melewatkan waktu makan bisa bikin langsing, itu salah besar! Menurut ahli gizi dari Hackensack University Medical Center, Susan Kraus, hal ini malah menambah nafsu makan kita. Mendingan makan teratur, tapi dalam porsi kecil kayak Park Bom 2NE1. Biar kita kenyang lebih lama, jadi gula darah stabil.

 

Stress juga bisa jadi pemicu bertambahnya nafsu makan, lho. Keinginan buat makan bakal sering muncul waktu kita stress. Sebenarnya kita bisa mengontrol ini dengan menunggu. Jangan langsung turuti keinginan kita buat makan. Tunggu selama sekitar 15 menit sampai nafsu makan kita hilang.

 

Selain menunggu, kita juga bisa mengalihkan nafsu makan dengan melakukan kegiatan lain. Misalnya, pilih permen karet bebas gula buat kita kunyah. Penelitian di Australia menyatakan, orang yang hobi mengunyah permen karet hormon stressnya 16% lebih sedikit daripada yang enggak. Jadi, selain mengalihkan, kita juga bisa sambil meredam stress.

 

Kalau masih enggak mempan juga, coba pikirkan lagi, apa itu nafsu makan atau bukan. Soalnya, bagian otak Hipotalamus yang mengontrol mood dan rasa lapar, seringkali mengartikan haus layaknya lapar. Jadi, memuaskan rasa haus dengan minum bakal menghentikan perasaan kepengin makan. Biar sehat, jangan minum minuman yang mengandung banyak gula, ya!

 

(lana, foto: visualphotos.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN