Ketika Terseret Masalah Teman Sendiri

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 2 September 2014

Ketika Terseret Masalah Teman Sendiri

Niatnya sih membantu teman. Karena pengin selalu bersama di saat senang atau susah. Tapi kalau gara-gara membantu teman kita jadi kena masalah juga? Apa yah yang harus kita lakukan ketika terseret masalah teman sendiri?

 

(Baca juga: 3 Tips Menghadapi Teman yang Suka Curhat)

 

Misalnya sahabat kita nyontek ketika ulangan. Kita diminta ngebantuin dia ngawasin guru biar dia enggak ketahuan nyontek. Ketika ketahuan, eh kita juga yang kena masalah, kan?

 

Saat kita udah terlanjur terseret masalah teman dan kita terpojok alias terbelit masalah dia lebih dalam. Kalau udah gitu, tarik napas dulu dalam-dalam, keluarkan, dan lakukan hal ini:

 

Bikin pilihan 
Saat memutuskan untuk terus terlibat dalam masalah teman, pasti ada resikonya. Begitu juga ketika memutuskan untuk mencoba nggak terlibat lagi dengan masalah dia. Nah, pertimbangin aja, risiko mana yang lebih berat. Abis itu bar deh benar-benar ambil keputusan!

 

 

(Baca juga: 8 Masalah Utama yang Sering dihadapi Remaja)

 

Enggak labil 
Kalau emang udah ambil keputusan, ya musti konsekuen dong. Kalau memang memutuskan buat terus terlibat dalam masalah teman, artinya musti siap "mati" ngebelain teman. Tapi kalau memutuskan sebaliknya, cepat jelasin secara terus terang kejadian yang sebenarnya dan kenapa kita sampe terlibat dalam masalah dia.

 

Di tepi, bukan di tengah 
Kalau memutuskan untuk mencoba nggak terlibat lagi dengan masalah teman, bukan berarti kita akan meninggalkan dia seratus persen kok. Ngebantuin teman kan enggak harus berada tepat di sampingnya alias di tengah-tengah masalah yang sedang dihadapinya. Tapi, kita bisa kok nyari posisi di pinggir. Jadi, teman kita juga enggak akan keki.  

 

(Baca juga: 4 Tips Menolong Teman yang Depresi)

 

(ega/hai, foto: boyculture.com, thesmartlocal.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN