Kenapa Ya Minat Baca Pada Remaja Di Indonesia Rendah?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 26 Juni 2014

Kenapa Ya Minat Baca Pada Remaja Di Indonesia Rendah?

Di Indonesia, ternyata minat baca pada remaja itu masih terhitung sangat rendah. Kok bisa, kenapa ya minat baca pada remaja di Indonesia rendah?

 

(Baca juga: Tips Biar Makin Suka Membaca Buku)

 

Standarnya minimal 7 buku setahun

Menurut survey yang belum lama ini dilakukan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), dalam setahun Indonesia hanya menghasilkan 72 juta buku. Jika dibandingkan dengan jumlah masyarakatnya yang mencapai 240 juta, berarti dalam setahun satu buku dibaca oleh 3-4 orang saja.

 

Padahal UNESCO memiliki standar yaitu satu orang membaca minimal 7 buku dalam setahun. Bahkan menurut survey, Indonesia menduduki 5 negara yang memiliki minat baca terendah, lho. Waaaah, rendah banget!

 

(Baca juga: Cara Asik Baca Buku)

 

Kenapa bisa rendah?

Enggak biasa

Kita enggak dibiasakan untuk mencari informasi dengan membaca pelajaran lain, selain yang disediakan sekolah. Jadi pikiran kita terpaku oleh buku pelajaran yang itu-itu saja.

 

Nonton TV

Kebiasaan menonton TV dan main games di gadget atau hangout bareng teman lebih melekat dibanding dengan kebiasaan membaca buku. Sehingga budaya membaca jadi asing buat kita.

 

(Baca juga: Gaya Baca Buku Ala Seleb)

 

Harga buku

Harga buku di Indonesia termasuk mahal, sehingga kita memilih untuk membeli barang lain yang kita rasa lebih menarik dan lebih murah. Jumlah perpustakaan yang sedikit juga jadi kendala.

 

(Baca juga: Bibliotherapy, Buku Sebagai Terapi)

 

(audrey, foto: mashable.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN