Kenapa Tubuh Kita Merasa Capek Padahal Tidur Cukup?

Published by : Marti Posted on : Minggu, 13 Juli 2014

Kenapa Tubuh Kita Merasa Capek Padahal Tidur Cukup?

Sering enggak bertanya dalam hati, kenapa tubuh kita merasa capek padahal tidur kita cukup? Ternyata, istirahat bukan selalu dikonotasikan dengan tidur cukup girls. Ada beberapa hal yang bisa bikin kita merasa capek walau jadwal tidur kita sudah cukup. Kenapa ya tubuh kita merasa capek padahal tidur cukup? Baca ulasannya di sini.


Tidur Kurang Efektif

Ngaku tidur kita cukup, tapi apakah efektif? Tidur yang kurang efektif atau nyenyak malah bisa bikin tubuh kita merasa capek pas bangun pagi nanti. Tidur itu penting, soalnya dengan tidur cukup dan efektif tubuh kita bisa seimbang dan sehat. Kalau tidur kita sering terganggu, kurang cukup ataupun terbangun beberapa kali, artinya belum efektif.

 

Baca juga: Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda


Masalah Kebiasaan

Pola tidur yang enggak efektif bisa berpengaruh dari berbagai hal. Kayak hormon, terlalu banyak aktivitas atau pikiran, penggunaan gadget, cahaya ruang juga komitmen waktu tidur. Kalau salah satu diantara yang disebutkan tadi sering mengalami masalah, jangan heran kalau kita kurang tidur atau malah insomnia. Biasakan mengurangi pikiran sebelum tidur, matikan gadget dan lampu biar tenang. Atur jadwal tidur yang rutin, sekali-kali dilewati wajar selama enggak terus menerus.

 

Me Time

Istirahat yang efektif juga bisa kita lakukan dengan bermalas-malasan setiap hari di rumah. Kita bisa menonton TV atau baca buku selama satu jam setiap hari. Atau melakukan meditasi dan yoga secara rutin. Hal ini kita lakukan supaya pikiran dan tubuh kita bisa seimbang. Jauh dari stress serta tubuh kita lebih relax dan tenang.

 

Baca juga: 10 Me Time Dan Quality Time Keren Di Sela Kesibukan Jadwal Sehari Hari


Kamar Tidur

Coba atur kamar kita senyaman mungkin. Hindari ruangan yang terlalu banyak aksen atau aksesoris supaya pas tidur nanti konsentrasi kita enggak terpecah. Biasakan matikan komputer, laptop atau hp setiap kali mau tidur. Pakai lampu kecil atau mematikannya supaya kualitas tidur kita lebih baik.

 

 

(stefanie, foto: somegif.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN