Kenapa Tidak Boleh Belanja Dalam Keadaan Lapar

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 12 Mei 2014

Kenapa Tidak Boleh Belanja Dalam Keadaan Lapar

Kenapa kita tidak boleh belanja dalam keadaan lapar? Soalnya, belanja dengan perut kosong bisa membuat konsentrasi terpecah dan sifat impulsif cepat keluar. 

 

Impulsif ketika lapar

Sifat impulsif terutama muncul saat kita belanja makanan. Saat lapar muncul keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi dan kurang sehat, sehingga tanpa sadar kita memasukkan berbagai makanan dan jajanan kurang sehat ke dalam keranjang.

 

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine , terbukti orang yang belanja saat lapar biasanya berakhir dengan membeli lebih banyak makanan berkalori.

 

Hasil penelitian

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 68 orang yang enggak makan sebelum belanja. Waktu belanja yang ditentukan adalah sebelum makan siang, antara makan siang, dan makan malam, serta setelah kenyang makan siang dan makan malam, yang merupakan waktu paling lapar.

 

Hasilnya, orang yang enggak makan siang dan langsung belanja membeli lebih banyak makanan. Karena itu isilah perut sebelum melangkah ke pusat perbelanjaan. Kalau belum waktunya makan, enggak ada salahnya ngemil.

 

Daftar barang yang harus dibeli

Untuk menghindari sifat impulsif karena enggak tahan dengan godaan di toko, bekali diri dengan daftar barang-barang yang harus dibeli. Ini berlaku juga kalau Kita akan berbelanja baju. Catat benda-benda apa saja yang kita perlukan secara spesifik, misalnya perlu atasan putih atau belt warna hitam.

 

Batasi waktu belanja kita, yakni enggak lebih dari 1,5 jam. Karena lebih dari itu kita bisa tergoda membeli barang yang enggak diperlukan. Selamat berbelanja. (Sumber: Kompas Female)

 

(tabloidnova.com, foto: trashionista.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN