Kenapa Orangtua Melakukan Omelan Verbal Abuse?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 17 Desember 2014

Kenapa Orangtua Melakukan Omelan Verbal Abuse?

Kenapa, sih, orangtua kita bisa melakukan omelan yang termasuk verbal abuse?

 

(Baca juga: Omelan Orangtua Yang Termasuk Verbal Abuse)

 

Cara komunikasi yang salah

Apa mereka enggak sayang sama kita? Hm...enggak juga, sih. Ini bisa terjadi karena cara berkomunikasi yang salah. Harap maklum, enggak semua orangtua tahu cara berkomunikasi yang baik.

 

Jadi ketika mereka mengungkapkan kekhawatiran mereka, yang keluar adalah kalimat makian, kata kasar, kata kotor atau kalimat yang sering membanding-bandingkan kita dengan saudara kita.

 

Kadang hanya cara itu yang mereka tahu. Karena dulu pun mereka mendapatkan cara berkomunikasi yang serupa dari orangtua mereka atau nenek kakek mereka.

 

(Baca juga: Tips menghadapi orangtua yang selalu salah paham dengan diri kita)

 

Maksudnya memberi semangat

Pastinya orangtua menginginkan yang terbaik buat kita. Sayangnya, apa yang orangtua anggap baik belum tentu cocok dengan kita. Makanya, begitu kita melakukan hal di luar harapan orang tua, mereka mulai membandingkan sifat kita dengan saudara kita atau mungkin juga dengan kondisi waktu orangtua kita masih remaja.

 

Misalnya: 'Masa sih kamu gitu aja enggak bisa. Dulu waktu Papa SMA, matematika enggak pernah merah' atau 'Jadi anak itu jangan pemalas.  Coba tiru kakak kamu, setiap pagi bisa bangun sendiri.' 

 

Kalimat-kalimat itu maksudnya untuk membuat kita agar bisa sebaik orang yang mereka bandingkan. Sayangnya, ortu enggak sadar ini malah membuat kita down.

 

(Baca juga: Tips baikan sama orangtua)

 

Menyalurkan amarah pada kita

Orangtua juga manusia biasa. Seperti kita yang punya masalah dan bisa stres juga. Bisa itu masalah di rumah, di kantor atau masalah lain. Dan enggak semua orangtua bisa menyalurkan stres mereka dengan baik. Akibatnya, mereka menyaluarkan amarahnya pada kita.

 

Perhatikan, deh, kapan orang tua suka ngomel dan marah-marah tanpa alasan tanpa kita? Apa setiap pulang kantor atau mungkin setelah berantem dengan anggota keluarga yang lain (Misalnya, Papa berantem dengan Mama). Kalau ini kasus yang terjadi, yang menjadi masalah adalah orangtua kita. Dan tidak sepatutnya kita menyalahkan diri kita sendiri atas perilaku orangtua yang satu ini.

 

(Baca juga: Tanda-tanda orang tua kecewa sama kita)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN