Kenapa Kulit Area Sekitar Vagina Berwarna Lebih Gelap?

Published by : Natasha Erika Posted on : Kamis, 14 Januari 2016

Kenapa Kulit Area Sekitar Vagina Berwarna Lebih Gelap?

Mungkin kita pernah bertanya-tanya kenapa area organ intim, baik pada cowok maupun cewek, seperti labia atau bibir vagina, berwarna lebih gelap dari warna kulit asli kita. Menurut para ilmuwan, ada beberapa hal yang menyebabkan alat vital berwarna lebih gelap.

 

Baca juga: 6 Fakta Kutu Kemaluan Yang Menyebabkan Gatal Berlebihan di Rambut Vagina

 

Terjadi sejak pubertas

Umumnya hal itu terjadi karena pengaruh pigmentasi pada masa pubertas. Saat pubertas, terjadi kelebihan hormon estrogen yang membuat labia, termasuk puting payudara, berwarna lebih gelap.

 

Ahli dermatologi dari Mt. Sinai Medical Center di New York, dokter Cameron Rokhsar menjelaskan, hormon seks tersebut mengatur melanosit, sel kulit yang memproduksi melanin. Melanin adalah asam amino yang berfungsi memberikan warna pada rambut dan kulit.

 

Terlepas dari suku maupun ras, area organ intim seseorang sebelum masa pubertas akan lebih cerah karena pigmentasi masih rendah. Misalnya, sejumlah orang dilahirkan dengan rambut pirang, tapi saat beranjak dewasa menjadi warna cokelat.

 

Baca juga: 5 Pertanyaan Yang Umum Ditanyakan Cewek Soal Mencukur Rambut Vagina

 

Adanya masalah kesehatan

Akan tetapi, menurut para ilmuwan, warna lebih gelap pada area organ intim juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, yaitu diabetes.

 

Seorang dermatolog dari pusat layanan kesehatan Universitas Columbia di New York, Lindsey Bordone fkrmengungkapkan, jika kulit berwarna jauh lebih gelap dari kulit lainnya, bisa jadi karena kadar gula dalam darah tinggi. Hal itu merupakan tanda kemungkinan kita mengidap diabetes.

 

Selain itu, pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, bisa mengalami acanthosis nigricans, yaitu perubahan warna kulit di area selangkangan menjadi lebih gelap.

 

Baca juga: 5 Kesalahan Cewek Dalam Menjaga Kebersihan Vagina

 

(sumber: dian/health.kompas.com, foto: refinery29.com)

 

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN