Kenapa Kita Susah Mengatakan 'Tidak'?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 10 Maret 2014

Kenapa Kita Susah Mengatakan 'Tidak'?

Ketika diajak pergi sama teman padahal kita banyak kerjaan di rumah, kita sulit menolak. Waktu pacar minta ngajarin dia pelajaran yang dia enggak mengerti padahal kita banyak peer, kita juga enggak bisa bilang enggak. Jelas ini masalah buat kita, karena kita sulit banget menolak permintaan orang-orang di sekitar kita. Kita boleh banget membantu orang lain dan itu bagus, tapi jangan mengorbankan kepentingan diri sendiri juga, girls.

 

Kepengin melihat orang bahagia

Kita sayang banget sama pacar, teman dan keluarga. Makanya kita selalu membantu mereka waktu kita dibutuhkan. Karena hal ini, kita sering enggak bisa menolak permintaan dari mereka. Well, kita boleh membahagiakan orang lain dengan bantuan yang bisa kita berikan, tapi kita juga mesti menyayangi diri kita sendiri sebelum mereka.

 

Berani mengatakan yang ada di pikiran

Buat mengikuti pendapat orang lain memang mudah. Kita tinggal mengatakan 'ya' dan berjalan sesuai apa yang mereka katakan. Tapi, kalau kita punya pemikiran sendiri atas hal itu, kita enggak mesti bilang 'ya'. Justru hal ini yang bikin kita jadi selfless dan enggak punya pendirian kalau dibiarkan terlalu lama.


Prioritas

Susah menolak ajakan atau membantu orang-orang di sekitar kita, padahal kita sendiri sebenarnya punya kesibukan? Di sini kita perlu menilik lagi skala prioritas yang kita punya. Kalau kita memang punya waktu buat mereka, enggak ada salahnya buat mengatakan 'tidak'. Asalkan kita menjelaskan, mereka bakal mengerti, kok. Mereka enggak akan ninggalin kita kalau kita punya alasan yang jelas.

 

Kurang rasa percaya diri

Sebenarnya jauh di dalam lubuk hati kita, ada banyak kata 'tidak' yang pengin kita ucapkan sama orang lain. Sayangnya, kita enggak punya cukup rasa percaya diri buat melakukannya. Buat melatih diri mengatakan 'tidak', kita bisa mulai dari diri sendiri. Katakan 'tidak' waktu diri kita merasa enggak cukup mampu buat melakukan hal yang sebelumnya enggak pernah kita coba. Latihan di depan kaca juga bakalan membantu, lho.

 

(lana, foto: fanpop.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN