Kenapa Kita Sulit Menolak Makanan Enak?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 23 Mei 2014

Kenapa Kita Sulit Menolak Makanan Enak?

Seringkali kita sulit sekali menolak makan makanan enak padahal di dalam hati sudah bertekad ingin diet. Duh, kenapa sih kita sulit menolak makanan enak?

 

Melalui penelitian terbaru, para ilmuwan telah menemukan jawabannya. Peneliti dari Dartmouth College dan University of Cologne, Jerman, mengatakan, kemampuan seseorang dalam melawan godaan untuk makan makanan enak dapat diprediksi melalui aktivitas yang terjadi pada otak, khususnya pada daerah otak yang berhubungan dengan penghargaan dan pengendalian diri.

 

Meneliti aktivitas otak

Dalam studi ini, peneliti melibatkan 31 cewek sebagai responden. Mereka diminta untuk mengerjakan dua tugas, sementara peneliti mencatat aktivitas pada otak mereka.

 

Pada tes pertama, responden diminta untuk melihat gambar-gambar makanan berkalori tinggi, termasuk kue dan makanan cepat saji. Pada saat yang sama, peneliti mencatat aktivitas yang terjadi pada bagian nukleus akumben otak responden. Nukleus akumben berperan dalam mempengaruhi dan penghargaan.

 

Sedangkan, pada tugas kedua, peneliti ingin mengetahui aktivitas otak pada bagian inferior frontal gyrus yang berkaitan dengan kemampuan pengendalian diri saat responden melihat gambar makanan. Responden diminta untuk menekan tombol saat mereka tergoda untuk makan. Bagi yang tidak tertarik diminta untuk tidak menekan tombol.

 

Setelah menyelesaikan dua tugas itu, responden masih menjalani tes lanjutan selama seminggu. Mereka diminta mengabari peneliti mengenai keinginan makan, seberapa besar keinginan mereka dan apakah mereka menuruti keinginan itu atau tidak, serta pola makan mereka.

 

Hasil penelitian seminggu

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science Study tersebut, menemukan, banyak cewek yang aktivitas nukleus akumbennya lebih tinggi cenderung ingin makan makanan enak dan cenderung menuruti keinginannya.

 

Sebaliknya, perempuan dengan aktivitas inferior gyrus lebih tinggi jarang menginginkan makan makanan enak dan lebih mudah mengendalikan keinginan makannya.

 

Intinya pengendalian diri

Nah, itu tadi alasan seseorang sulit menolak makanan enak. Sehingga, para peneliti mengingatkan, pengendalian diri sangat penting untuk menekan keinginan makan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan pengendalian diri, yaitu olahraga dan berada di sekitar orang yang memiliki motivasi tinggi. (huffingtonpost.com)

 

(birgitta/intisari-online.com, foto: parentdish.co.uk

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN