Kenapa Kita Harus Kuliah? (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 22 April 2014

Kenapa Kita Harus Kuliah? (Bagian 2)

Setelah lulus SMA tujuan berikutnya adalah kuliah. Namun ada beberapa orang yang menganggap belajar sampai SMA itu cukup. Sebenarnya, penting, lho, bagi kita melanjutkan studi hingga perguruan tinggi. Kenapa sih kita harus kuliah?

 

Belajar bertanggung jawab

Berbeda dengan masa SMA ketika semua pelajaran sudah terprogram, saat jadi mahasiswa kita diberikan kebebasan memilih mata kuliah sendiri. Di sini kita belajar untuk bertanggung jawab menentukan pilihan sesuai minat dan kebutuhan.

 

Enggak akan ada ortu atau guru yang menghukum kalau telat datang ke kelas atau telat bikin tugas. Semua konsekuensi baik dan buruk kita yang tanggung. Kalau kita malas, ya nilai akan jelek.

 

Cara ini akan melatih bagaimana kita bertanggung jawab dengan pilihan kita. Ini sebuah pelajaran penting yang berguna saat terjun ke dunia kerja. Kalau kita enggak bisa bertanggung jawab, yang pasti enggak akan ada yang mau mempekerjakan kita.

 

Mengenal berbagai karakter orang

Dunia kampus boleh dibilang miniatur dari dunia kerja. Kita akan ketemu banyak orang dari berbagai latar belakang dan karakter. Kadang-kadang sifatnya sangat ajaib dan sulit dimengerti.

 

Saat kuliah kita akan belajar bagaimana menghadapi orang-orang dengan karakter yang berbeda-beda, bagaimana kita berempati pada masalah orang dan bagaimana kita mau mendengarkan orang berbicara dan mempertahankan pendapat.

 

Orang dengan tingkat intelektual yang tinggi enggak akan berdebat secara 'ngasal', seperti berbicara dengan nada tinggi tanpa mempedulikan lawan bicaranya.

 

Lanjut baca dengan klik di sini. Atau baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

 

(muti, foto: collegecures.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN