Kenapa Kita Harus Jadi Cewek Mandiri?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 3 April 2013

Kenapa Kita Harus Jadi Cewek Mandiri?

Berbekal sikap mandiri, enggak cuma bikin jumlah teman dan kepercayaan dari orang tua saja yang bertambah. Tapiii, mimpi pun bisa kita raih dengan mudah.

 

Sofi, 16 tahun, kelas X, SMK Darmakarya

"Kalau di sekolah emang lebih suka minta antar teman. Soalnya kalau bareng-bareng jadi lebih berani buat ke kantin atau ke kamar mandi. Kalau sama pacar juga suka minta anter atau jemput sih, alasannya sih karena cenderung pengin manja-manja ke cowok. Kalau di rumah biasanya aku juga masih tergantung sama Mama sih, belum kepikiran buat mandiri."

 

Jadi cewek yang mandiri emang gampang-gampang susah.  Apalagi buat kita yang masih remaja. Mandiri itu berarti kita belajar buat bertanggung jawab sama semua hal yang berkaitan dengan diri kita. Contohnya, kita wajib belajar buat enggak terlalu mengharapkan orang lain buat melakukan tugas kita. Mulai dari mengurus diri sendiri, sampai soal sikap, pendapat, dan juga keyakinan kita.

 

Agar bisa mandiri, hal pertama yang mesti kita lakukan adalah berjanji sama diri sendiri untuk mandiri dan enggak manja lagi. Kalau niat kita sudah kuat, pasti jadi lebih semangat untuk mempraktekkannya. Dimulai dari di rumah, sekolah, sampai di tempat umum.


Mandiri demi meraih mimpi

Menurut Psikolog dari Universitas Padjadjaran, Fredrick Darmawan Purba, M.Si, Psi., setiap remaja harus belajar untuk mandiri. Karena saat memasuki usia dewasa nanti, kita akan dituntut buat memiliki kemandirian dalam berpikir, berperilaku, dan dalam mengatur emosi kita. Dengan belajar buat mandiri, seorang remaja akan bisa mengenali dirinya sendiri.

 

Jadi mandiri juga penting banget buat mewujudkan mimpi kita. Kita enggak perlu bingung lagi saat menentukan sikap serta pilihan, dan tentunya bisa jadi diri sendiri tanpa tergantung sama orang lain. Sikap mandiri berguna banget, lho, saat memilih jurusan, ekskul, sekolah, ataupun klub kesukaan! Jangan sampai kita salah jurusan cuma karena ikut-ikutan teman.

 

Ketika kita beranjak dewasa, sikap mandiri semakin dibutuhkan. Terutama saat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah sendiri. Dengan jadi mandiri, kita juga akan lebih mudah masuk ke lingkungan  baru dan jadi enggak gampang menyerah saat mendapat tantangan.

 

Mandiri bukan berarti penyendiri       

Jadi mandiri, bukan berarti jadi penyendiri. Mandiri dan penyendiri itu adalah dua hal yang sangat beda. Mandiri itu adalah bisa menyeimbangkan atau memelihara hubungan baik dengan keluarga, teman, ataupun pacar, tapi tetap bisa membatasi ketergantungan kita sama mereka.

 

Sedangkan penyendiri itu adalah sifat yang cenderung menolak buat terlibat dengan orang lain disekelilingnya, alias anti sosial.  Seseorang jadi penyendiri biasanya disebabkan dua hal. Pertama, dia adalah orang yang memandang kalau berhubungan sama orang lain itu enggak ada manfaatnya. Sehingga membuatnya jadi lebih suka menyendiri dan cenderung masa bodoh.

 

Kedua, disebabkan karena sifatnya yang menolak kritikan dari lingkungannya, sampai harus menghindari bergaul sama orang lain. Tipe seperti ini cenderung rendah diri dan takut berteman karena malu. Yuk, mulai mandiri dari sekarang! Bisa dimulai dengan enggak terlalu bergantung lagi sama mama atau enggak melulu mengikuti apa kata teman. Good luck!

 

(aisha/trinzi/isma, foto: coolspotters.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN