Kenali Ciri-Ciri Gejala PMS

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 9 Mei 2014

Kenali Ciri-Ciri Gejala PMS

Setiap cewek yang mengalami periode menstruasi sangat mungkin merasakan sindrom pramenstruasi atau Premenstrual Syndrome (PMS). Tapi ada juga lho penyakit yang mirip PMS. Berikut ciri-ciri gejala PMS yang cewek harus kenali.


Mirip dengan PMS

Ada beberapa gejala lain yang mirip-mirip dengan PMS. Yakni, perimenopause, depresi atau kecemasan, sindrom kelelahan kronis, penyakit tiroid, penyakit irritable bowel.

Yang membedakan gejala ini dengan PMS adalah gejala PMS datang dan pergi sesuai dengan pola menstruasi, bulan demi bulan. Sedangkan gejala-gejala yang ditimbulkan beberapa penyakit di atas enggak tentu datangnya.

 

Ciri-ciri Gejala PMS

Untuk mengetahui dan mengenali apakah itu gejala PMS atau bukan, kita perlu memerhatikan atau melakukan pengecekan seperti berikut ini:

  • Apakah gejala terjadi selama lima hari sebelum haid?
  • Apakah gejala terjadi setelah haid dimulai dan berakhir dalam waktu empat hari?
  • Apakah gejala kembali atau berulang seenggaknya tiga siklus menstruasi?

 

Berobat

Kalau selama mengalami PMS Kita sangat merasa kesakitan atau bahkan ada niatan untuk melukai diri Kita sendiri, ada baiknya kita mendatangi rawat darurat. Bisa jadi ini tanda dari bentuk yang lebih parah dari PMS yang dikenal sebagai dysphoric premenstrual (PMDD).

 

(ester/tabloidnova.com, foto: dhinfo.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN