Kenali 5 Jenis Depresi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 9 Juni 2014

Kenali 5 Jenis Depresi

Ternyata depresi itu ada banyak jenisnya. Yuk kita kenali 5 jenis depresi.

 

Major Depressive Disorder (major depression)

Jenis depresi paling umum. Biasanya kita akan merasa lemas, sedih berlebihan dan tidak semangat melakukan apa-apa, serta mempengaruhi kemampuan untuk tidur, belajar, makan, dan tidak lagi menikmati kegiatan yang selama ini terasa menyenangkan. Jenis depresi ini seringkali memunculkan keinginan untuk bunuh diri. Meski sudah dinyatakan sembuh, kemungkinan untuk kembali mengalaminya masih ada.

 

Dysthymia

Jenis depresi yang menyebabkan kita tertekan dan sedih berlebihan dalam waktu lama, bisa setahun atau lebih. Dysthymia membuat kita cepat capek, kurang konsentrasi, perubahan pola tidur dan makan. Jika menderita dysthymia, besar kemungkinan bisa menderita major depression juga jika dibiarkan.

 

Psychotic Depression

Kita sering mempercayai keyakinan palsu yang dibuat sendiri, seperti delusi dan halusinasi. Kita percaya kepada apa yang seolah-olah dilihat atau didengar, padahal sebenarnya hal itu enggak ada. Lama-lama, kita bisa kesulitan membedakan antara khayalan dengan realita sehingga jadi sangat tertekan.

 

Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Jenis depresi ini hanya berlangsung sementara, yaitu menjelang menstruasi. Gejalanya seperti cemas berlebihan dan perubahan mood secara drastis. PMDD merupakan PMS dalam bentuk yang lebih parah karena di tahap ini, tubuh jadi kehilangan fungsi seperti tidak bersemangat melakukan apa-apa dan tidak tertarik terhadap hal apapun.

 

Situational Depression

Depresi yang disebabkan oleh perubahan situasi secara drastis, seperti jatuh miskin, putus sekolah, kehilangan orang yang disayang, dan trauma. Meski hanya terjadi sementara waktu, depresi ini harus segera ditangani karena bisa jadi major depression jika dibiarkan.

 

Mau tahu tanda-tanda depresi? Klik di sini.

 

(iif, foto: s608.photobucket.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN