Kekuatan 20 Menit Power Nap

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 6 November 2013

Kekuatan 20 Menit Power Nap

Tidur siang selama dua puluh menit, ternyata cukup buat bikin otak dan tubuh yang kelelahan kembali segar dan berenergi. Jadi lebih semangat dan maksimal dalam beraktivitas selanjutnya.

 

Tidur siang banyak sekali manfaatnya buat otak dan tubuh, terlepas dari berapa pun umur kita. Untungnya, tidur siang yang baik itu ternyata enggak harus berjam-jam. Justru lebih efektif melakukan power nap atau cat nap.

 

Power nap ini adalah tidur siang singkat, umumnya 20 menit, yang dilakukan di sela-sela kegiatan. Dengan melakukan power nap, otak dan tubuh bisa beristirahat sambil mengisi ulang energi. Sehingga saat bangun kita merasa lebih segar, semangat, dan berenergi.

 

Let's get a power nap!

 

Waktu

Antara jam satu siang hingga jam tiga sore. Kalau terlalu sore, bisa bikin susah tidur di malam hari. Lakukan secara teratur waktu yang sama, sehingga manfaatnya lebih terasa.

 

Cari tempat yang nyaman

Bisa di kelas (enggak saat pelajaran, ya), perpustakaan, ruang sekretariat ekskul, ruang UKS atau tempat lainnya, yang penting nyaman. Biasanya dilakukan sambil duduk bersandar, atau dalam posisi duduk lalu membaringkan kepala di meja dengan menggunakan tangan yang dilipat sebagai bantalan.

 

Gelap lebih baik

Suasana gelap bikin kita tidur lebih cepat dan nyenyak. Jadi coba gunakan masker penutup mata. Bisa juga dengan menyelimutkan jaket atau syal menutupi wajah atau kepala.

 

Sssttt....

Hindari berbagai gangguan yang mungkin muncul. Misalnya, silent atau matikan hape, atau kalau lagi bareng teman, beritahu dia, kita mau tidur siang, dan minta enggak diganggu sebelum 20 menit. Lalu kalau suasana agak berisik, boleh sambil mendengarkan musik yang tenang lewat ear phone.

 

Pasang alarm

Lakukan dengan singkat, antara 15-30 menit. Umumnya, 20 menit, dianggap paling pas. Biar enggak kebablasan, pasang alarm atau minta tolong teman membangunkan. Kalau lebih dari 30 menit, manfaatnya akan hilang, dan malah bikin, lesu, pusing dan bad mood.

 

 

The benefits are:

 

Mengurangi stress

Power nap membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehinga mengurangi tekanan yang dirasakan. Rutin melakukan power nap bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh.

 

Memperbaiki mood

Kurang tidur atau kelelahan bikin kita jadi sensitif, alias gampang marah atau tersinggung. Power nap membantu tubuh mengumpulkan energi positif  sehingga perasaan jadi lebih tenang dan ceria. 

 

Berpikir lebih jernih, tajam dan kreatif

Penelitian NASA membuktikan, tidur siang selama 30 menit bisa meningkat kemampuan berpikir sebanyak 40 persen, sedangkan tidur siang selama 20 menit cukup bagi otak mengumpulkan energi untuk memperbaiki neuron-neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif. Hasilnya kita jadi lebih waspada, berpikir lebih jernih, meningkatkan ingatan dan kemampuan memecahkan masalah. Otak pun jadi bekerja lebih efektif saat belajar atau menerima informasi baru. Termasuk meningkatkan daya berpikir kreatif sehingga muncul ide-ide baru.

 

Meningkatkan stamina

Tidur selama 20 menit setelah kita terbangun selama delapan jam, lebih efektif memberikan energi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, dibandingkan menambah waktu tidur 20 menit di pagi hari.

 

Mencegah ngantuk berlebihan

Penelitian NASA membuktikan power nap bisa mencegah bahkan menghilangkan rasa kantuk berlebihan yang muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Jauh lebih baik daripada minum kopi atau minuman berkafein lainnya.

 

Lebih sehat

Tidur siang bermanfaat menjaga fungsi jantung, keseimbangan hormon dan mempercepat perbaikan sel dalam tubuh. Jadi, melakukan power nap secara teratur berarti juga lebih memaksimalkan manfaat-manfaat tersebut.

 

(aisha, foto: net)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN