Kebiasaan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 28 Desember 2013

Kebiasaan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi

Keadaan di Bumi ini sudah cukup menghawatirkan girls. Karena pemanasan global yang terjadi di bumi kita ini, banyak bencana alam yang terjadi di mana-mana. Belum lagi perubahan iklim seperti turunnya salju di Mesir dan Vietnam. Sumber energi di Bumi juga semakin menipis. Kita harus melakukan sesuatu buat menyelamatkan Bumi ini, di mulai dari hal-hal kecil, girls.

 

Matikan listrik yang enggak digunakan

Girls, jangan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Salah satunya cabut charger handphone yang sudah enggak dipakai dari stop kontak karena arus listriknya tetap mengalir, lho.


Penggunaan AC

Kalau terpaksa memakai AC, kita sebaiknya menutup pintu, jendela dan tirai supaya AC enggak butuh energi lebih besar buat mendinginkan ruangan.
Kita juga bisa atur suhu secukupnya antara 21-24 derajat celcius.

 

Menanam pohon

Yuk menanam pohon yang banyak! Kalau di rumah kita punya halaman yang luas, kita bisa menanam pohon buah-buahan. Tapi kalau kita enggak punya cukup lahan, kita bisa menanam tanaman yang kecil-kecil di pot aja.


Jemur pakaian di luar

Daripada kita memakai mesin pengering atau dryer, lebih baik kita menjemur baju di luar ruangan aja. Angin dan panas matahari lebih baik dan hemat energi dibanding dryer.

 

Naik kendaraan umum

Girls, buat mengurangi polusi udara, kita bisa memilih naik kendaraan umum daripada kendaraan pribadi buat bepergian. Ini juga bisa mengurangi kemacetan di jalan, kan.

 

Hemat penggunaan kertas

Kertas yang kita pakai buat mencatat pelajaran di sekolah itu dibuat dari kayu pohon. Dengan kita menghemat kertas, kita bisa mengurangi banyaknya pohon yang ditebang dari hutan.


Say no to plastic

Sampah pelastik susah buat diurai sama lingkungan, lho. Pelastik juga menghasilkan gas yang berbahaya kalau dibakar. Jadi mendingan kita punya tas sendiri aja yang khusus buat bawa barang belanjaan darimanapun supaya kita enggak butuh pelastik buat bawa belanjaan kita.

 

(arin, foto: dailymail.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN