Kebiasaan Baik Satu jam Sebelum Tidur

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 April 2013

Kebiasaan Baik Satu jam Sebelum Tidur

Di malam hari ada hal-hal yang harus dibiasakan, biar tidur kita nyenyak, bangun segar, dan ketemu gebetan (di dalam mimpi) pun gembira. He-he-he.

 

Mematikan elektronik

Matikan total semua alat elektronik seperti komputer, radio atau telivisi. Hape bisa ditaruh jauh-jauh dari kita, biar tidur enggak terganggu. Dalam penelitian Lighting Research Center (LCR), cahaya benda-benda elektronik bisa menyebabkan penekanan melatonin (bahan kimia dalam tubuh yang mengontrol jam alami di tubuh kita). Bisa-bisa, resiko diabetes dan obesitas meningkat.

 

Pijat kaki

Seharian beraktivitas bikin kita lelah, pijat telapak kaki lima menit aja sebelum tidur. Selain memperlancar peredaran darah, pijat kaki bisa menghilangkan stress, sakit kepala dan susah tidur.

 

Mandi air hangat

Mandi air hangat memperlancar sistem peredaran darah ke otak. Selain membersihkan pori-pori yang tersumbat, mandi air hangat juga menghilangkan pusing, memperbaiki kesehatan organ jantung dan sangat menenangkan.   

 

Pakai lotion

Setelah mandi, pakai lotion biar kulit kita terjaga kelembabannya. Karena selama tidur di malam hari, kita akan kehilangan cairan tubuh. Selain itu, wangi lotion favorit kita bikin nyaman.

 

Gosok gigi

Meski kita tidur, kuman itu tidak tidur. Justru aktivitas kuman meningkat 2 kali saat kita tidur. Air liur memang berfungsi sebagai antiseptik alami mulut, namun fungsi itu berkurang  saat tidur. Rajin menggosok gigi sebelum tidur menghindarkan kita dari bau mulut, radang gusi dan pembentukan karang gigi.

 

Mematikan lampu

Malam hari, tubuh melepas melatonin, ini yang bikin kita mengantuk. Kalau ruangan kita gelap atau redup, hormon ini bekerja maksimal. Kita bisa tidur dengan nyenyak deh.

 

Membaca buku

Baca buku apapun yang kamu suka. Contohnya membaca buku cerita. Selain melatih otak, keindahan bahasa dalam tulisan memimiki kemampuan menenangkan dan mengurangi stress. Tapi perhatikan posisi baca ya, jangan membaca sambil tidur. Ganjal punggung kita dengan bantal senyaman mungkin.

 

(dea, foto. weheartit.com)

 

 

Tags : health kesehatan

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN