Kalimat Sederhana yang Membuat Seseorang Bahagia (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 25 Mei 2014

Kalimat Sederhana yang Membuat Seseorang Bahagia (Bagian 2)

Membuat orang lain bahagia itu enggak susah kok. Kita bisa melakukannya cukup dengan mengucapkan kalimat sederhana yang membuat seseorang bahagia ini.

 

"Aku yakin, kamu pasti bisa lebih dari itu."

Kadang, seseorang perlu diberi tantangan untuk bisa memaksimalkan potensi dirinya. Terutama ketika dia sedang mengalami sedikit kegagalan. Dengan mengucapkan kalimat yang mengandung dukungan ini, orang yang mendengarnya akan secara positif termotivasi untuk menunjukkan potensinya lebih maksimal lagi. Ingat, seseorang yang sedang "terjatuh" biasanya memang membutuhkan teman untuk bisa memotivasi dirinya kembali.

 

"Oke banget ide kamu."

Setiap orang tentu akan merasa bangga kalau pemikiran atau pendapatnya direspons positif oleh orang lain. Biasanya, kalau dia mendapatkan respons positif, dia akan melakukannya dalam tindakan nyata, bukan sekadar omongan belaka. Ketika kita mengatakan kalimat ini, orang yang mendengar setidaknya akan merasa dirinya cukup berharga untuk didengar. Sehingga ia akan merasa bahagia karena bisa memikirkan solusi untuk dirinya sendiri. Tapi, kalimat ini harus kita ucapkan dengan tulus!

 

"Coba jelasin lagi maksud ide kamu itu."

Kalimat ini akan menyempurnakan kalimat sebelumnya di atas. Ini berarti Kita memang benar-benar sedang mendengarkan apa yang dia katakan, dan kita fokus pada perkataannya yang kita anggap sebagai poin penting. Seseorang juga akan sangat tersanjung ketika ia sedang bercerita, kemudian Kita mengucapkan kalimat ini kepadanya, "Coba lanjutkan..."

 

"Aku terima saran kamu."

Ya, kalimat ini sangat simpel tapi mampu membuat orang yang mendengarnya merasa bahagia. Sebab dia akan merasa dia sudah mampu membantu kita. Kebahagiaan akan semakin berlipat gkita ketika kita mengungkapkan bagaimana opininya itu telah ikut memengaruhi hidup kita. Pada dasarnya orang-orang suka membantu, namun mereka akan semakin tulus membantu ketika mendapatkan respons positif dari yang dibantunya.

 

"Maafin aku..."

Katakan kalimat sederhana ini ketika Kita memang sudah melakukan kesalahan terhadap seseorang, atau tujukan kepada seseorang yang memang sedang membutuhkan simpati kita. Banyak orang meragukan permintaan maaf seseorang ketika hanya diucapkan begitu saja. Akan berbeda dampaknya kalau kalimat ini diucapkan dengan nada yang sungguh-sungguh, diikuti tindakan nyata untuk berubah. Sehingga orang lain akan melihat usaha dari kita untuk mau memperbaiki keadaan menjadi lebih baik. 

 

"Aku pengin kayak kamu, deh."

Kalimat ini, kalau diucapkan dengan tulus, akan membuat diri kita justru menjadi berada di level lebih tinggi ketimbang orang yang mendengarnya. Kalimat ini bukan hanya bermakna seseorang telah melakukan hal yang sangat baik, tapi juga mampu melakukannya lebih dari yang kita lakukan. Dalam kalimat lain yang juga bermakna positif, kita pun bisa mengatakannya seperti ini: "Kamu membuat aku pengin jadi lebih baik lagi."

 

"Terima kasih, ya."

Kalimat sederhana ini sungguh berdampak luar biasa bagi yang mendengarnya. Walau banyak orang mengatakannya sambil lalu, tapi bagi yang mendengarnya, kalimat ini tetap saja bermakna penghargaan terhadap dirinya. Jangan pernah bosan mengatakan terima kasih, sedikit atau sekecil apa pun yang orang lain perbuat untuk kita. 

 

"Terima kasih kembali" atau "Sama-sama."

Ketika seseorang mengucapkan terima kasih, jangan hanya menjawab "Ya." atau "Enggak masalah." Tapi katakan dengan tulus, "Terima kasih kembali" atau "Sama-sama". Jawaban ini mengandung makna kita telah menganggapnya "ada" sebagai manusia dan menghargainya. Hal ini juga berarti, seseorang memang layak untuk mendapatkan kembali jawaban setelah berterima kasih kepada kita.

 

Klik di sini untuk baca bagian sebelumnya

 

(intan/tabloidnova.com, foto: buzzsugar.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN