Jurusan Kuliah Yang Diburu

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 13 April 2013

Jurusan Kuliah Yang Diburu

Selain cocok sama bakat dan minat kita, ada hal lain yang harus dipikirkan waktu memilih jurusan. Seberapa dibutuhkan, sih, lulusan dari jurusan tersebut? Soalnya, semakin dibutuhkan, semakin besar pula gajinya. Kayak beberapa jurusan di bawah ini, nih...

 

Teknik perminyakan

"Jurusan ini bisa dibilang paling menjamin untuk ke depannya. Prospeknya bagus banget. Kalau masuk major engineering untuk fresh graduate saja kita bisa ditawari Rp6-7 juta. Buat yang kerja di lepas pantai atau off shore, gajinya lebih gila lagi. Bisa 2-3 kali lipat dari engineering." (Naraswari Probowati, 21 tahun, mahasiswi Teknik Perminyakan Universitas Trisakti)

 

What you'll learn: Belajar mengenai energi bumi. Bagaimana mencari, mengolah, dan memproduksi minyak yang nantinya bisa dijual ke pasaran.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika, Kimia, Matematika.

 

Teknik pertambangan

"Indonesia kaya dengan bahan tambang, tapi sayang pekerjanya enggak terlalu banyak. Makanya, kalau masuk jurusan ini, jangan heran kalau banyak dilirik oleh perusahaan pertambangan. Dengar-dengar dari kakak senior yang sudah lulus, gaji untuk fresh graduate saja berkisar Rp5 jutaan." (Fransisca Y. Manopo, 19 tahun, mahasiswi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti)

 

What you'll learn: Penelitian mengenai ada tidaknya bahan galian, kelayakan untuk penambangan, perencanaan penambangan, teknologi penambangan dan teknik pengolahan hasil tambang.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika terutama mekanika, Kimia, Matematika, dan menggambar.

 

Teknik kimia

"Jurusan teknik kimia memang lebih banyak dicari sekarang ini. Perusahaan-perusahaan banyak yang butuh. Apalagi pabrik. Makanya enggak heran, sebelum lulus anak-anak jurusan ini udah banyak di-booking. Soal gaji awal mungkin sekitar Rp3 jutaan. Tapi setelahnya, bakal cepat naik." (Yulia Kristin, 21 tahun, mahasiswi Teknik Kimia Institut Teknologi Indonesia)

 

What you'll learn: Mekanika fluida, perpindahan panas, perpindahan kalor, termodinamika, neraca massa, kinetika reaksi, proses pemisahan, evaluasi ekonomi, pengolahan limbah.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika, Kimia, Matematika.

 

Desain produk

"Desain produk memang bukan jurusan yang umum. Tapi jangan salah, lulusan jurusan ini banyak dicari. Soalnya, banyak perusahaan yang butuh orang-orang kreatif dengan ide dan desain yang bagus untuk desain package produk mereka. Dengan package menarik, pembeli juga bakal tertarik, kan?" (Yessy, 21 tahun, alumni Desain Produk Universitas Pelita Harapan)

 

What you'll learn: Bikin konsep desain produk. Membuat barang menggunakan berbagai macam material seperti kayu, plastik, atau resin (fiber)

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika dan menggambar.


Advertising

"Media massa sekarang ada di mana-mana. Dan mereka pasti butuh iklan. Makanya, kita anak advertising banyak sekali dipakai. Mulai dari yang bikin iklan sampai para penjualnya. Tapi yang paling penting, kita enggak boleh kehabisan ide untuk bikin iklan yang kretif dan inovatif." (Michele Vannessha, 21 tahun, alumni jurusan Advertising Universitas Tarumanagara)

 

What you'll learn: Mencari ide, membuat story board, membuat jingle dan tagline, mengeksekusi ide jadi iklan, manajemen iklan, promosi iklan.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Bahasa.

 

Selain lima jurusan ini, masih ada beberapa jurusan lain yang sama diburunya:

Ilmu Komputer (Information Technology, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer), Ilmu Telekomunikasi

Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Aerospace Engineering

Bioteknologi, Biomedis, Teknik Pangan

 

Lepas dari itu semua, kita memang tetap harus memilih jurusan yang kita sukai. Soalnya, tanpa mencintai jurusan yang dipilih, kita bakal susah mengembangkan ilmu yang didapat. Enggak mau, kan, jadi mahasiswa abadi gara-gara enggak bisa (atau enggak suka) mengikuti mata kuliah di jurusan kita?

 

(grace, foto: jezebel.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN